DAERAH  

Dinas PUPR melalui KPSPAMS Ci Salaka Kembangkan Akses Jaringan Air

KPSPAMS, Unsur Warga, Karang Taruna dan Aparatur Wilayah

WARTAMU.ID, Bogor РDesa Sukajaya Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor merupakan penerima Program Penyediaan Air Minum & sanitasi berbasis masyarakat dari tahun 2019. Sarana Air Minum yang dibangun melalui program D-PUPR selanjutnya dikelola melalui Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum dan Sanitasi  (KPSPAMS) Ci Salaka.

Untuk Mengupayakan target 100% Akses Layanan Air Minum di desa sukajaya, KPSPAMS ‘Ci Salaka’ di dukung oleh D-PUPR Kabupaten Bogor untuk memberikan layanan yang lebih maksimal kepada warga masyarakat untuk memperoleh layanan air bersih yaitu dengan memberikan bantuan pipa untuk Pengembangan jaringan untuk jangkauan layanan yang lebih maksimal kepada warga desa sukajaya (14/09/21).

KPSPAMS bersama Unsur Warga Karang Taruna dan aparatur wilayah di lingkungan RW 06 di Jalan Curug Nangka terlihat sibuk. Mereka berbagi Tugas, ada yang menstrilkan drainase dengan peralatan yang sudah di siapkan sebelumnya dan beberapa diantaranya melakukan pemasangan pipa pagi tadi Pukul 07.30 WIB.

Sebelumnya Program dimulai pada tahun 2019 lalu, pengerjaan penanaman pipanisasi sepanjang 1,8 KM ke wilayah RW 06 Sukajaya RW 12 Sukaluyu dan RW 09 Tamansari dari Sumber Mata Air Gunung Salak Legok Pinding untuk jangkauan pelayanan air bersih. Sejarah Panjang dan mengikat dari wilayah yang berbatasan tersebut tidak lepas dari unsur kearifan Lokal bahwa dasar air adalah pemenuhan hajat hidup Warga Masyarakat.

Pelaksanaan Lapangan yang saat itu dimotori Sofyan Hadi sebagai Ketua Umum dan Sahrul Rohman Sebagai Sekretaris KPSPAMS Ci Salaka dibantu seluruh Pengurus dengan Mengerjakan Secara Bergotong Royong dalam Pengerjaan Tersebut.

Masa Operasional KPSPAMS terhitung dari bulan Juni 2020. Warga masyarakat menyambut positif program ini. Hingga sekarang Pemanfaat berjumlah 168 KK dengan pemasangan Sambungan Rumah yang terkomunal kan.

Humas KPSPAMS Cisalaka Asep Suryana Menuturkan, bahwa Saat ini pengembangan ke wilayah RT 01,RT 02, RT 03 dan RT 04 di RW 06 sedang dalam pengerjaan setelah sebelumnya di Rt 05 sudah berjalan dengan baik dengan sistem mengikuti arahan dan Ketentuan dari Dinas PUPR Kabupaten Bogor.

“ini amanah besar yang harus KPSPAMS Ci Salaka jaga dan perjuangkan, Warga Desa menyambut baik program ini.dan perlu di ingat indonesia ini merdeka sudah 76 tahun, kebutuhan akan air ini krusial dan harus di nikmati semua kalangan masyarakat” Pungkas Asep Suryana.

Di temui di lokasi yang sama, Ketua RW 06 Dede Kardi mendukung dan mengapresiasi Program yang di gagas oleh Dinas PUPR Kabupaten Bogor dan Pengabdian KPSPAMS Ci Salaka.

“Saya selaku ketua RW 06 sangat bangga,semoga pengerjaan saat ini berjalan dengan lancar. Warga di wilayah sangat menyambut baik , terimakasih Untuk Dinas PUPR Kabupaten Bogor dan Rekan-Rekam dari KPSPAMS Cisalaka” Ujarnya.

Saat ini Masih ada sejumlah Pekerjaan Rumah yang harus di selesaikan KPSPAMS Cisalaka baik tekhnis maupun non tekhnis. Untuk merealisasikan rencana tersebut diperlukan dukungan biaya termasuk dari APBDES dalam rangka mempercepat capaian akses distribusi air bagi seluruh warga desa.

Kegiatan berakhir pada Jam 17.00 WIB dan akan dilanjutnya di besok harinya dan sampai Pengerjaaan tersebut tuntas. (AN)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *