DAERAH  

Hari Ke-2 Kokam, Pemuda Muhammadiyah Way Kanan Salurkan Bantuan Bencana Alam Di Banjit

Evakuasi Korban Meninggal Dunia Akibat Tanah Longsor Di Kecamatan Banjit Way Kanan

WARTAMU.ID, Way Kanan (Lampung) – Meski gerimis dipagi hari terus berjatuhan dan membuat atmosfer serasa dingin dimuka Bumi Ramik Ragom (Way Kanan), Tim Relawan dan Petugas terus melakukan pencarian terhadap korban yang tertimbun tanah longsor di Kecamatan Banjit Way Kanan. Komunikasi hari ini dengan Ketua Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Way Kanan tetap diawali dengan salam semangat walau ada Istigfar didalamnya.

”Astagfhfirullahaladzim, sama bang sigit juga dapat Whatsapp dari orang yang mengaku sudah donasi Rp. 800.000 tapi minta dikembalikan Rp. 400.000  dengan alasan untuk donasi bantuan ditempat lainnya”. Ujar Sigit Dwi Suwardi Sekertaris PDPM Way  Kanan kepada Ketua PDPM Way Kanan (Dedi Iskandar).

Modus  penipuan semacam ini hanya dilakukan oleh para ahli yang sudah tidak memiliki hati nurani. Baginya yang penting untung tanpa bekerja susah payah dan tanpa disadari sumpah-serapah telah ditujukan kepada pelaku agar sengsara didunia dan diakhirat kelak.

”Ya semoga penipu tersebut segera mendapat hidayah sebelum ajal tiba. Oh ya jam 10 ini kami ke posko MDMC di Sumber Sari dan Rantau Temiang, mudah-mudahan ibu-ibu sudah selesai masak dan makan siang bisa kita hantarkan untuk tim relawan dan kawan-kawan”. Jelas Dedi Iskandar.

Suasana Diposko MDMCWay Kanan Dalam Mempersiapkan makan/minum Tim Relawan

Tim Gabungan Relawan dari Basarnas, BPBD Way Kanan, TNI dan Polri dan masyarakat berhasil menemukan dan langsung mengevakuasi korban yang tertimbun tanah longsor. Hal tersebut sebagaimana diungkap Sugito selaku Sekertaris Desa Kampung Sumber Sari kepada media melalui telpon seluler. Minggu, 12/3/2023.

”Korban atas nama Siran (63 tahun) mula-mula ditemukan oleh saudara Giran bersama tim Basarnas sekitar  pukul 13:40Wib dilokasi terjadinya tanah longsor dan ditemukan dengan kondisi sudah meninggal dunia”. Jelas Sugito.

Korban meninggal dunia telah dibawa kerumah duka untuk dilakukan proses pemakaman di Kampung Sumber Sari Kecamatan Banjit Way Kanan. Tambah Sugito.

Kejadian tanah longsor yang mengakibatkan korban jiwa ini terjadi pada Jumat, 10/3/2023 (lalu) bermula saat warga melakukan gotong royong membersihkan saluran pipa air bersih yang tertimbun longsor akibat hujan deras satu hari sebelumnya. Namun ketika warga sedang bergotong-royong, tiba-tiba tanah diatas tebing bergerak dan menimpa warga. Dua warga yang tertimbun longsoran bernama Joko Susilo (25 tahun) dan  Agus (20 tahun) berhasil selamat dan satu warga ditemukan meninggal atas nama Ndaryanto (60 tahun) dan satu lagi korban jiwa atas nama Giran (63 tahun) yang baru ditemukan siang ini.

Sementara untuk korban tanah longsor di Kampung Juku Batu yang merupakan ibu dan anak atas nama Khotimah (32 tahun) dan Diki Saputra (4 tahun) yang merupakan warga Pekon Tanjung Raya Kecamatan Way Tenong Kabupaten Lampung Barat, saat ini masih belum ditemukan oleh Tim Sar, TNI-Polri dan Masyarakat.

Satu korban meninggal dunia lainnya yang hanyut terbawa  oleh banjir pada Jumat siang, 10/3/2023 lainnya adalah Cahaya Saputra (21 tahun) warga Talang Kemang Kampung Bandar Agung Banjit sebagaimana diungkap Budi Hartono warga Banjit Way Kanan.

”Jadi Korban meninggal dunia ada 5 Pak.Sekum, 2 karena tanah longsor di Kampung Sumber Sari, 2 karena tanah longsor juga di Kampung Juku Batu, dan 1 karena terbawa arus sungai (Banjir) di Kampung Bandar Agung”. Jelas Budi Hartono yang juga Ketua PC.Pemuda Muhammadiyah Kecamatan Banjit.

Gerakan KOKAM, Pemuda Muhammadiyah, dan MDMC Way Kanan ini diharapkan dapat meringankan dan  membantu tim relawan dalam penanggulangan bencana alam ini. Semangat ibu-ibu didapur posko MDMC Way Kanan juga dapat diacungi jempol sebagai Dakwah kaum hawa ditengah musibah.

”Ya kami senang dapat ikut membantu masak diposko ini, semoga bencana ini dapat segera diatasi dan tidak terulang kembali. Kepada bapak Polisi/TNI yang masih jomblo disini juga ada adek kita yang masih gadis pinter masak lagi (hehehe)”. Ujar Indar Mala Dewi  yang sedang memasak mie sambil promosi adek-adek cewek yang ikut memasak di posko MDMC Way Kanan.

Open Donasi yang dilakukan Pemuda Muhammadiyah Way Kanan juga masih berlanjut dan bagi pembaca yang ingin menyelurkan bantuannya dapat datang langsung ke Posko MDMC Way Kanan atau melalui Rekening BRI Atas Nama Pemuda Muhammadiyah Way Kanan . No : 5651-01-023694-535

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *