Karang Taruna adalah Organisasi Progresif, Pencetak Kader-Kader Pemimpin Masa Depan

  • Bagikan
Karang Taruna Desa Sukajaya Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor

WARTAMU.ID, Bogor – Karang Taruna Lahir Pada tahun 1960 di kampung Melayu, Jakarta. Dalam Sejarahnya Karang Taruna Melakukan berbagai Kegiatan sebagai bentuk upaya turut menanggulangi masalah-masalah sosial terutama yang di alami generasi muda.

Di temui wawancara di kediamannya di jalan raya Curug Nangka Kampung Sinarwangi, Ketua Karang Taruna Desa Sukajaya Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor, Asep Suryana Menjelaskan bahwa Karang Taruna itu sebagai wadah Pembelajar, menghimpun kreatifitas pemuda dan membantu pemerintah menyelesaikan Berbagai persoalan sosial dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten/kota, Provinsi hingga nasional menjadi mitra Kritis pemerintah pada saat ada kebijakan-kebijakan yang tidak sesuai dengan mekanisme ataupun pada saat regulasi yang tidak dijalankan. (27/09/21)

Asep Mengatakan, Sejauh ini Karang Taruna berjalan secara dinamis, pada proses Perjalanannya disamping karang taruna sebagai organsisasi Plat Merah fungsi Kontrol Sosial terus dipertajam oleh kader-kader karang taruna desa dengan literasi regulasi,seperti banyak membaca,mengkaji dan diskusi di samping berikhtiar Mewujudkan Kesejahteraan Sosial itu sendiri.

Karang Taruna Desa Sukajaya Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor

“Adanya Karang Taruna insya Allah menjadikan kita dan masyarakat menjadi lebih produktif dan progresif karena Karang Taruna sendiri ke dudukanya pada dasarnya sebagai anak kandung dari Pemerintah jadi bukan opisisi, Sehingga kemudian kegiatannya, cara berfikirnya, harus seiring dan sejalan ,namun tentu bila ada kebijakan pemerintah desa yang tidak pas, kita selalu sampaikan tegas dengan dasar argumentasi yang jelas dan sesuai pakem data-data yang akurat dan bukan membangun opini, narasi yang tidak baik”, ucapnya.

Selain itu Asep Suryana Mengajak Pemuda desa yang masih belum terlibat dalam setiap kegiatan Karang Taruna di desanya untuk ikut terlibat dalam setiap kegiatan Karang Taruna.

“yuk giat bareng ,teman teman yang tidak masuk dalam ke pengerusan atau anggota struktur karang taruna,tidak usah berkecil hati sebab otomatis teman-teman sudah menjadi warga karang taruna , banyak benefit nya ikut kegiatan karang taruna selain silaturahmi dan nambah temen, misal seperti belajar dan berkembang bareng,menyalurkan kreatifitas , melakukan program kegiatan yang bersifat keagamaan, sosial, Ekonomi , Seni budaya , Pariwisata dan lain sebagainya , yang paling di senangi, ga sedikit loh para jomblo mendapatkan jodohnya dan menikah dari unsur angggota karang taruna”, Seru nya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 77/HUK/2010 tentang Karang Taruna dijelaskan bahwa Karang Taruna adalah organisasi yang sifat ke angotaannya stelsel pasif, artinya jika seseorang berusia 13-45 tahun maka orang tersebut secara otomatis masuk dalam ke anggotaan, warga karang taruna.

Karang Taruna Desa Sukajaya Kec. Taman Sari – Bogor

Artikel ini merupakan kiriman pembaca wartamu.id. (Terimakasih – Redaksi)

 600 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *