DAERAH  

KIARA bersama WCD Kabupaten Bogor Ajarkan Anak-Anak Situ Gede Mengenal dan Kelola Sampah Sejak Dini

KIARA bersama WCD Kabupaten Bogor Ajarkan Anak-Anak Situ Gede Mengenal dan Kelola Sampah Sejak Dini

WARTAMU.ID, Bogor – Edukasi pengelolaan sampah berkelanjutan terus dijalankan demi kelestarian bumi. Anak-anak usia dini terus di upayakan mendapatkan edukasi baik di masyarakat maupun sekolah agar dapat mengelola sampah secara baik dimulai dari lingkungan sekitar, khususnya untuk mengatasi sampah plastik.

Bumi adalah asal-usul, sejarah, sekaligus rumah manusia. Kita tidak tahu pasti, sudah berapa lama bumi ini ada. Yang pasti, usianya lebih tua dari manusia dan segala mahluk hidup yang sekarang ada. Namun, kian hari bumi mengalami banyak perubahan. Banjir, tanah longsor, kerusakan alam, dan berbagai macam bencana timbul oleh tangan-tangan manusia. Bumi kita tidak utuh lagi, dan hal itu tampak jelas kita rasakan bersama akibatnya.

Berangkat dari kepedulian Menjaga Bumi, para Kakak-Kakak Volunteer WCD (World Cleanup Day) Kabupaten Bogor diajak berkolaborasi oleh Kakak-Kakak dari KIARA (Konservasi Ekosistem Alam Nusantara), berkegiatan bersama pada tanggal, 28 Mei 2023 di program bernama “Barudak Situ Gede” bertempat di Latin ( Lembaga Alam Tropika Indonesia).

KIARA bersama WCD Kabupaten Bogor Ajarkan Anak-Anak Situ Gede Mengenal dan Kelola Sampah Sejak Dini

Kegiatan dimulai dengan pembukaan oleh Leader KIARA yaitu Kak Ocha, dipandu oleh MC Kak Anger dan Kak Rini, dilanjutkan Games menarik dan mengedukasi Oleh Ibun Vonny Olivia dilanjutkan sesi Materi Kampanye Pengelolaan Sampah oleh Kakak Hapsari selalu Leader dan Co, leader WCD Kabupaten Bogor. Dilanjutkan dengan membuat poster kampanye yang ditujukan untuk mengajak masyarakat agar lebih peduli dan mau semangat bergotong royong menanggulangi permasalahan sampah yang berdampak terhadap ekosistem di bumi ini.

Kegiatan berjalan seru dan adik-adik dari Barudak Situ Gede sangat antusias mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir, ternyata adik-adik ini yang berusia dari 6-15 tahun sudah terbiasa lho dalam menjaga lingkungan sekitar, terbukti dengan berapa mereka mampu mengkategorikan sampah organik dan anorganik juga apa itu sampah residu dan bagaimana memilah dan mengelolanya. Ternyata adik-adik telah rutin menjalankan giat kebersihan di wilayah Situ Gede bersama pendekar Sampah Giri Marhara.
Sampah total yang kemarin dikumpulkan adik-adik disekitar kawasan tersebut adalah sejumlah 27.60 kg lalu dikirimkan ke TPS setempat. Semoga semangat kita menjaga bumi terus menular pada semua orang dan menjadikan ini sebagai bagian dari gaya hidup kita.

Agenda kegiatan dengan WCD merupakan kegiatan keempat dalam rangkaian kegiatan “Barudak Situ” yang diikuti oleh anak-anak wilayah Situ Gede.

“Sebelumnya,kami dengan anak-anak Situ Gede belajar terkait jenis sampah dan pemilahannya, bersama Pakde Suparno Jumar, lalu pengolahan sampah bersama Kak Fara, juga tentang kualitas air di Situ Gede bersama Bang Nevky. Selama kegiatan, kami juga dibantu Kang Hara dari komunitas Pendekar Kebersihan Situ Gede”,Pungkas Fathia Rosatika, (23) ketua Pelaksana.

Fathia menambahkan, setelah belajar kampanye bersama kakak-kakak dari WCD, anak-anak punya kemampuan serta keberanian membagikan ilmu-ilmu yang telah mereka pelajari kepada orang lain, sehingga ilmu yang mereka dapatkan terus mengalir dan dapat bermanfaat untuk orang banyak.

Dilokasi yang sama,Co Leader Vonny Olivia (34) Menyampaikan Harapannya agar kegiatan Barudak Situ bisa terus berjalan secara kesinambungan serta tidak sekedar berhenti di kegiatan momentum.(An)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *