Kwarcab Paparkan Program Bank Sampah Pramuka Peduli Ke Kwarda Lampung

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Way Kanan, Drs. Ali Rahman, M.T menyambut Kunjungan Ketua Kwarda Lampung, Hj. Chusnunia Chamil, M.Si.,M.Kn., PhD (Foto : Jaka / Dok. Pim)

WARTAMU.ID, Way Kanan (Lampung) – Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Way Kanan, Drs. Ali Rahman, M.T menyambut Kunjungan Ketua Kwarda Lampung, Hj. Chusnunia Chamil, M.Si.,M.Kn., PhD beserta jajaran Pengurus Kwarcab Way Kanan Masa Bhakti 2021-2026 di Kediaman Wakil Bupati Way Kanan, Kampung Negeri Baru Kecamatan Umpu Semenguk, Minggu (27/03/2022) dalam rangka Silaturahmi dan Ramah Tamah. Dikutip dari waykanankab.go.id

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Way Kanan, Drs. Ali Rahman, M.T menyambut Kunjungan Ketua Kwarda Lampung, Hj. Chusnunia Chamil, M.Si.,M.Kn., PhD

Dalam sambutannya, Kwarcab yang juga Wakil Bupati Way Kanan menyampaikan harapan Gerakan Pramuka menjadi solusi dalam upaya bersama dalam memecahkan persoalan-persoalan yang semakin kompleks, sehingga menjadikan Gerakan Pramuka semakin kuat dalam menjalani dan menatap masa depan. Keprihatinan atas situasi dimasa Pandemi Covid-19 justru semakin terjadi maraknya minuman keras, penggunaan narkoba oleh berbagai lapisan masyarakat, kekerasan, kejahatan seksual yang banyak melibatkan kaum muda, kurangnya rasa hormat kaum muda kepada orang tua, serta berbagai dampak situasi yang mengancam generasi muda saat ini tentu menjadi tanggungjawab bersama semua komponen Bangsa termasuk Gerakan Pramuka.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Way Kanan, Drs. Ali Rahman, M.T menyambut Kunjungan Ketua Kwarda Lampung, Hj. Chusnunia Chamil, M.Si.,M.Kn., PhD

“Kepengurusan Kwarcab Way Kanan memiliki komitmen yaitu mencapai visi Gerakan Pramuka sesuai UU Nomor 12 Tahun 2019 dengan bekerja keras dan perlu banyak menjalin kerjasama dengan berbagai stakeholders, baik Pemerintah, dunia usaha, serta segenap lapisan masyarakat. Kami laporkan juga jumlah peserta didik di Satuan Gugus Depan kurang lebih 12.000 usia siaga, 48.000 usia Penggalang, 16.000 usia Penegak-Pandega yang terdiri dari 630 Gugus Depan, 53 Andalan, 21 orang Pelatih Pembina dan terdiri dari 14 Kwartir Ranting serta Program Pramuka Peduli melalui Bank Sampah yang saat ini masih konsisten memberikan pelayanan kepada masyarakat, dengan memberikan solusi pembuangan sampah, mencapai 80 persen. Akreditasi Gugus Depan yang merupakan tolak ukur kita bersama”, ujar Ka. Kwarcab Way Kanan.

Selanjutnya, pada acara yang turut dihadiri kepala dan unsur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, Dinas Sosial, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Pimpinan Kecamatan Blambangan Umpu serta Pengurus Kwarcab Way Kanan, bahwa saat ini jajaran Kwarcab Way Kanan sedang membangun Kantor Kwarcab dengan harapan Tahun 2022 dapat terselesaikan dan segera dipergunakan.

“Selaku Pemkab Way Kanan maupun sebagai Pengurus Kwarcab, berharap agar mendapatkan arahan serta bimbingan dari Wakil Gubernur Lampung selaku Ketua Kwarda Lampung, terutama terkait pembangunan karakter Bangsa, sehingga kami dapat memahami dan menghayati isi dari Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka, yang merupakan kunci keberhasilan dalam menyongsong masa depan yang lebih baik, dalam upaya kita mewujudkan Way Kanan Unggul dan Sejahtera serta Lampung Berjaya”, tutur Wabup Ali Rahman.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Way Kanan, Drs. Ali Rahman, M.T menyambut Kunjungan Ketua Kwarda Lampung, Hj. Chusnunia Chamil, M.Si.,M.Kn., PhD

Pada kesempatan yang sama, Ka.Kwarda Lampung dalam arahannya menyampaikan apresiasi terhadap Program Bank Sampah yang telah digerakkan oleh Pramuka Way Kanan, karena dinilai selain menjaga kebersihan juga terdapat nilai ekonomis, sehingga memberikan manfaat baik bagi masyarakat, Pemerintah Kabupaten maupun Pramuka itu sendiri. Selain itu juga disampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung akan segera merealisasikan bantuan sebagai salah satu bentuk apresiasi guna mendukung program Pramuka Way Kanan berjalan dengan baik. Ka.Kwarda Lampung juga mengajak Pramuka Way Kanan untuk bersama menuju Pramuka Digital dengan terus eksis di Era Digital saat ini.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *