Pentingnya Permasalahan Air Dan Kesehatan, Pemda Way Kanan Adakan RAD-AMPL Tahun 2021

  • Bagikan
Workshop Review dan Monitoring Rencana Aksi Daerah Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (RAD-AMPL) tahun 2021

WARTAMU.ID, Way Kanan (Lampung) – Bertempat di Aula Almer Homestay Baradatu Way Kanan, telah diselenggarakan kegiatan Workshop Review dan Monitoring Rencana Aksi Daerah Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (RAD-AMPL) tahun 2021. Selasa, 26/10/2021.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Kepala Bapeda Way Kanan melalui Kabid PSIK (Arief Roni).

“Setidaknya ada dua hal yang akan kita bahas pada hari ini, yaitu : evaluasi atas capaian AMPL selanjutnya bagaimana program ini kedepannya yang akan kita jadikan RAD-AMPL”. Jelas Arief Roni.

AMPL (Air Minum dan Penyehatan Lingkungan) ini menjadi program seksi secara Nasional, sehingga keberadaan nya ditingkat Kabupaten/Kota harus ditingkatkan sehingga manfaatnya dapat terus dirasakan oleh Masyarakat karena program ini didaerah masih kalah prioritas dengan pembangunan jalan, talut dll.

Sebenarnya banyak program yang berkaitan dengan air minum dan sanitasi masyarakat, namun banyak pula dinas atau lembaga terkait yang mengerjakannya sehingga agak sulit untuk memperoleh data konkritnya sebagaimana dijelaskan Robert Irawan Natakusuma selaku PC Pansimas Prov.Lampung.

Workshop Review dan Monitoring Rencana Aksi Daerah Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (RAD-AMPL) tahun 2021

“Memang menjadi kendala ketika masalah AMPL ini belum ada Perbupnya sehingga akan sulit bagi kita untuk memperoleh data yang akurat, bisa jadi masalah air minum dan sanitasi masyarakat PMK punya data sendiri karena banyak pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Kampung, Dinas PU dengan anggarannya sendiri, begitu juga dengan perencanaan yang ada di Bapeda, sehingga perlu adanya integritas dari program ini”. Jelas Robert.

Hadir pada kegiatan Workshop tersebut perwakilan dari Bapeda, Dinas PU, Kesehatan, Pansimas Provinsi dan Kabupaten Way Kanan, PMK, LSM, Media (Wartamu.id), Camat Baradatu, dan Camat Blambangan Umpu yang diwakili Kasi Pemerintahan (Gajah Tera).

Program AMPL ini kedepannya akan lebih fokus pada pendataan masalah air minum dan sanitasi masyarakat dan pembangunan fisik maupun non fisik yang berupa pembinaan kepada masyarakat.

Laporan : SDS

 898 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *