DAERAH  

PK IMM FIP UMJ Gelar Diklat Literasi V: Membangun Mindset Progresif di Era Digital

Diklat Literasi V adalah acara tahunan yang rutin diselenggarakan oleh PK IMM FIP UMJ

WARTAMU.ID, BOGOR – Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Fakultas Ilmu Pendidikan (PK IMM FIP) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menggelar Diklat Literasi V dengan tema “Pengajewantahan Mindset Progresif dengan Gerakan Literasi Demi Terwujudnya Kader Berintelektual di Era Digital”. Kegiatan ini berlangsung selama empat hari tiga malam, dari Rabu, 29 Mei hingga Sabtu, 1 Juni 2024, di Saung Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

Diklat Literasi V adalah acara tahunan yang rutin diselenggarakan oleh PK IMM FIP UMJ. Pada tahun ini, kegiatan diikuti oleh 40 peserta dari Fakultas Ilmu Pendidikan serta delegasi dari beberapa fakultas lain di UMJ. Pembukaan acara dilaksanakan di Auditorium FIP UMJ, yang dihadiri oleh pimpinan universitas, organisasi otonom (Ortom) Muhammadiyah, para peserta, dan tamu undangan.

Dalam sambutannya, Ketua Umum PK IMM FIP UMJ, Dinulil, menyoroti dampak perkembangan teknologi terhadap pola pikir masyarakat. “Perkembangan teknologi menghasilkan mindset viralitas. Maka saya mengajak semua untuk mengubah mindset menjadi progresif,” ujar Dinulil.

Setelah pembukaan, para peserta diarahkan menuju lokasi kegiatan di Bogor. Selama diklat, peserta diperkenalkan dengan dunia filsafat dan diajak membedah pemikiran tokoh-tokoh filsuf terkenal seperti Plato, Aristoteles, Socrates, serta filsuf Muslim seperti Ibnu Rusyd dan Al-Ghazali. Selain itu, tokoh-tokoh kebangsaan Indonesia seperti Raden Ajeng Kartini dan pendiri Muhammadiyah, Kyai Haji Ahmad Dahlan, juga menjadi bahan diskusi.

Peserta membedah biografi dan pemikiran para tokoh tersebut, kemudian mempresentasikannya di depan fasilitator dan peserta lainnya dengan menggunakan kertas plano. Sesi ini dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab yang interaktif.

Pada hari terakhir, para peserta diminta menulis satu esai. Hasil tulisan esai tersebut nantinya akan dicetak menjadi sebuah karya buku, sebagai bagian dari upaya PK IMM FIP UMJ untuk mengembangkan literasi dan intelektualitas para kadernya.

Melalui Diklat Literasi V ini, PK IMM FIP UMJ berharap dapat membangun mindset progresif di kalangan mahasiswa, serta meningkatkan kemampuan literasi dan berpikir kritis di era digital. Kegiatan ini juga diharapkan dapat mencetak kader yang berintelektual dan siap menghadapi tantangan zaman dengan pemikiran yang lebih maju dan berlandaskan nilai-nilai keilmuan serta kebangsaan.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *