DAERAH  

Prodi S1 Kebidanan dan Prodi Pendidikan Profesi Bidan UAP Raih Peringkat Akreditasi “Baik Sekali”

Prodi S1 Kebidanan dan Prodi Pendidikan Profesi Bidan UAP Raih Peringkat Akreditasi “Baik Sekali”

WARTAMU.ID, Pringsewu – Universitas Aisyah Pringsewu (UAP) khususnya dari Program Studi Sarjana Kebidanan dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Kesehatan telah sukses melaksanakan kegiatan visitasi akreditasi selama empat hari.

Akreditasi merupakan pengakuan terhadap lembaga pendidikan yang diberikan oleh badan yang berwenang setelah dinilai bahwa lembaga itu memenuhi syarat kebakuan atau kriteria tertentu (KBBI).

Setelah melewati banyak proses dan persiapan dari para sivitas akademika, pada tanggal 21 sampai 24 Februari 2023 Program Studi Sarjana Kebidanan dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Kesehatan Universitas Aisyah Pringsewu.

Program Studi Sarjana Kebidanan dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Kesehatan Universitas Aisyah Pringsewu mendapatkan jadwal kunjungan dari para assesor LAM-PTKes Sinar Pertiwi, S.ST., MPH, Yuni Istiananingsih, SST, M.Keb., Idah Ayu Wulandari, S.Si.T., M.Keb untuk penilaian akreditasi. Penilaian ini, dibagi dalam beberapa sesi yang terdiri dari 9 instrumen penilaian, yaitu sesi penilaian dokumen dan sesi penilaian lapangan atau fasilitas.

Adapun asesmen lapangan atau fasilitas yang dikunjungi diantaranya ruang kelas perkuliahan, Perpustakaan, Asrama, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Terpadu, Laboratorium Objective Struktured Clinical Examination (OSCE), Laboratorium Computer Based Test (CBT), Center of Innovation, Rumah Sakit, Puskesmas, Praktik Bidan Mandiri. Sedangkan untuk sesi asesmen dokumen, para PJ dari masing-masing instrument diwawancarai secara langsung oleh para assessor.

Setelah proses asesmen lapangan dilakukan 4 (empat) hari sesuai waktu yang telah ditetapkan, penilaian hasil asesmen lapangan, berdasarkan SK Nomor 0180/LAM-PTKes/Akr/Sar/III/2023, Alhamdulillah Program Studi Sarjana Kebidanan mendapat peringkat “Baik Sekali”, begitu juga untuk Program Studi Pendidikan Profesi Bidan berdasarkan SK Nomor 0181/LAM-PTKes/Akr/Sar/III/2023 mendapat peringkat “Baik Sekali”.

Rektor Universitas Aisyah Pringsewu Wisnu Probo Wijayanto,S.Kep., Ners., MAN mengatakan, semoga dengan diraihnya nilai akreditasi ini, dapat menjadi suatu tantangan dan motivasi bagi lembaga khususnya Program Studi Sarjana Kebidanan dan Program Studi Pendidikan Profesi Bidan ke depannya dan dapat meningkatkan kualitas pendidikan serta membawa kebaikan bagi semua pihak. Aamiin Ya Rabbal Alamin. (*na)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *