DAERAH  

Seminar Nasional ADIPSI: Yahnu Wiguno Membahas Ancaman Korupsi dalam Pemilu

Asosiasi Dosen Ilmu Pemerintahan Seluruh Indonesia (ADIPSI) di Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin (UIN STS)

WARTAMU.ID, Jambi, 2 Oktober 2023 – Saat ini, tahapan Pemilu telah mendekati tahapan penetapan Daftar Calon Tetap (DCT), pendaftaran Calon Presiden dan Wakil Presiden, bahkan kampanye. Tahapan-tahapan ini dikenal rawan pelanggaran pemilu, termasuk perilaku koruptif. Seminar Nasional yang diadakan oleh Asosiasi Dosen Ilmu Pemerintahan Seluruh Indonesia (ADIPSI) di Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin (UIN STS) Jambi pada 2 Oktober 2023 menghadirkan Yahnu Wiguno, Anggota Bawaslu Bandar Lampung periode 2018-2023, dan Dosen Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Baturaja, untuk membahas isu ini.

Yahnu Wiguno menjelaskan bahwa perilaku koruptif dalam pemilu tidak hanya berkaitan dengan uang, tetapi juga terkait dengan tindakan dan keputusan yang diambil dalam tahapan pemilu. Dalam seminar ini, ia merinci tahapan-tahapan yang rawan menjadi sumber masalah dan konflik, yang perlu diantisipasi oleh semua pihak sebagai pemilik kedaulatan.

Dampak dari perilaku koruptif terhadap politik dan demokrasi, menurut Yahnu, sangat serius. Ini bisa mengakibatkan terpilihnya pemimpin yang korup, kehilangan kepercayaan publik terhadap demokrasi, penguatan kekuasaan pemilik modal, dan keruntuhan kedaulatan rakyat. Dalam situasi ini, rakyat hanya menjadi penonton bukan penentu kebijakan strategis pemerintah.

Dalam acara tersebut, Yahnu juga mengingatkan peserta, termasuk mahasiswa Program Studi Ilmu Pemerintahan dari Universitas Jambi, UIN STS Jambi, dan Universitas Nurdin Hamzah, akan peran dan fungsi mereka sebagai agen perubahan, kontrol sosial, keseimbangan intelektual dan akhlak, serta penjaga nilai.

Tema Seminar Nasional ADIPSI kali ini adalah “Pemilu, Korupsi, dan Kemerosotan Demokrasi”. Pemateri panel lainnya dalam acara ini meliputi Dr. Amalia Syauket dari Universitas Bhayangkara, Dr. M. Nur Alamsyah dari Universitas Tadulako, Tri Endah Karya Lestiyani, S.IP., M.IP dari UIN STS Jambi, Syafrial, M.Sc dari Universitas Nurdin Hamzah, dan Yahnu Wiguno, S.IP., M.IP dari Universitas Baturaja.

Seminar ini menjadi forum penting untuk mengatasi ancaman korupsi dalam pemilu dan mempertahankan integritas demokrasi. Yahnu Wiguno dan para pemateri lainnya berbagi wawasan dan pengetahuan untuk memastikan pemilu yang adil dan transparan, yang merupakan dasar dari sistem demokratis yang sehat.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *