TECHNO  

TikTok Kalahkan Facebook, Jadi Aplikasi Paling Banyak Diunduh di Dunia

Ilustrasi : Solen Feyissa dari Pixabay

WARTAMU.ID – TikTok berhasil mengalahkan Facebook, Instagram, dan WhatsApp sebagai aplikasi yang paling banyak diunduh di seluruh dunia, demikian hasil riset Nikkei yang diterbitkan Senin (9/8/2021). Dikutip dari suara.com

Laporan tersebut menunjukkan TikTok berada di peringkat pertama sebagai aplikasi paling banyak diunduh di dunia. Di bawah TikTok ada Facebook beserta aplikasi miliknya, mulai dari WhatsApp, Instagram, hingga Facebook Messenger.

Mengutip Phone Arena, Senin (9/8/2021), Facebook sendiri sudah lama menjadi aplikasi populer yang paling banyak diunduh selama bertahun-tahun. Aplikasi ini terus tumbuh hingga akumulasi kekayaan bersihnya mencapai lebih dari 1000 miliar dolar AS.

Namun TikTok yang menjadi kuda hitam mulai menjadi aplikasi populer di dunia dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Aplikasi video pendek asal China ini banyak menarik perhatian Generasi Z.

TikTok adalah aplikasi pelopor yang memperkenalkan tren video pendek baru dengan tampilan vertikal berdurasi rata-rata sembilan hingga 15 detik. Meskipun saat ini TikTok telah memperpanjang durasinya menjadi tiga menit pada Juli kemarin.

Awalnya, sebagian besar konten TikTok adalah video lucu singkat yang bertujuan untuk menghibur pengguna. Semakin lama TikTok makin berkembang dengan menyertakan video pendidikan, life hack, tutorial memasak, dan genre lain.

Bahkan TikTok kini juga dipakai untuk mempromosikan bisnis, yang juga disematkan konten hiburan di dalamnya.

Menurut laporan NikkeiAsia, pandemi Covid-19 memberikan angin segar untuk menaikkan popularitas TikTok. Sebab, banyak orang yang terjebak di dalam rumah karena kebijakan lockdown dan membutuhkan hiburan dengan sarana terbatas.

Tren yang dibuat TikTok kemudian diikuti aplikasi pesaing. YouTube misalnya, mereka yang awalnya tampil dengan video tampilan horizontal berdurasi sepuluh menit kini ikut membuat tampilan vertikal dengan Shorts.

Ada juga Instagram yang memperkenalkan Reels tahun lalu. Mirip dengan TikTok, Reels tampil dengan konten video pendek yang berdurasi 15 hingga 60 detik.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *