UMSU – Universitas Cagayan Philipina Sepakati Kerjasama Internasional

MoU UMSU dan Universitas Cagayan,  Philipina

WARTAMU.ID, Medan (Sumut) – UMSU dan Universitas Cagayan,  Philipina sepakat menandatangani naskah kesepahaman (MoU) peningkatan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Penandatanganan  naskah MoU dilakukan secara daring oleh Rektor UMSU, Prof. Dr. Agussani, MAP dan Rektor Universitas Cagayan, Philipina , Dr. Urduja G Alvarado, Kamis (11/11). Hadir penandatanganan kesepatan kerjasama itu pimpinan dari kedua perguruan tinggi.

Dari Kampus Pascasarjana hadir Wakil Rektor I Prof. Dr. Muhammad Arifin, Wakil Rektor II Dr. Akrim, Wakil Rektor III Dr. Rudianto, Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Triono Eddy,  dan Kepela LKUI dr. Erlangga beserta jajaran.

Rektor UMSU, Prof. Dr. Agussani, MAP melalui Wakil Rektor III, Dr. Rudianto, MSi mengatakan,  kerjasama diharapkan, menjadi jalan untuk meningkatkan kualitas dan kinerja masing-masing universitas.

“Harapannya, kerjasama ini tidak hanya memberikan keuntungan pribadi antara kedua universitas, tetapi juga menguatkan hubungan antara Indonesia dan Philipina, sebagai negara serumpun di Asia Tenggara. “Kami sangat bersemangat menyelenggarakan kegiatan kerjasama hari ini. Untuk itu kita bisa melakukannya secara terus menerus, dibidang pendidikan, penelitian, publikasi dan program lainnya,” katanya.

Lebih lanjut, masa pandemi ini menyulitkan bagi seluruh dunia termasuk Indonesia dan Philipina yang membatasi segala kegiatan. Tapi dengan kemauan yg tinggi universitas terus bangkit dan meningkatkan kualitas perguruan tinggi.  “kita harus terus melakukan hal terbaik bagi universitas kita dan perwakilan negara kita.

Begitupun kita terus berharap bisa bertemu secara langsung untuk meningkatkan kualitas dan kinerja universitas kita masing2.
Harapannya, kerjasama ini tidak hanya memberikan keuntungan pribadi antara kedua universitas, tetapi juga menguatkan hubungan antara Indonesia dan Philippines, sebagai negara serumpun di Asia Tenggara. Kami sangat bersemangat menyelenggarakan kegiatan kerjasama hari ini. Untuk itu kita bisa melakukannya secara terus menerus, dibidang pendidikan, penelitian, publikasi dan program lainnya.

Masa pandemi ini menyulitkan bagi seluruh dunia termasuk Indonesia dan philippines yang membatasi segala kegiatan. Tapi dengan kemauan yg tinggi kita terus bangkit dan meningkatkan kualitas perguruan tinggi, kita harus terus melakukan hal terbaik bagi universitas kita dan perwakilan negara kita. Begitupun kita terus berharap bisa bertemu secara langsung,” tuturnya.

Rektor Cagayan State University, Dr Urdujah. G. Alvarado mengatakan, bahwa kerjasama dengan UMSU adalah kerjasama internasional yang bertujuan untuk mengembangkan pendidikan, dan sumber daya manusia yang dimiliki  oleh kedua lembaga agar dapat menjadi kampus unggul di masing-masing negara.

Dia berharap kerjasama ini dapat diimplementasikan di  eleh berbagai sektor baik di pengajaran riset bersama, visiting lecturer dan lainnya.

Dia juga menjelaskan secara singkat tentang situasi pandemic Covid-19. Harapannya setelah suasana normal,  dia bisa bertemu langsung dengan pihak UMSU

Penandatanganan kerjasama ditandai dengan Lagu Kebangsaan kedua negara, Indonesiia Raya dan  Lupang Hinirang (Philipina), dilanjutkan penayangan video profil kedua universitas dan penyerahan cinderamata.  Pada akhir kegiatan ditampilkan tari tradisional ke dua negara dan ditutup dengan sesi foto bersama. (Syaifulh)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *