Dampak Dan Pencegahan Pernikahan Dini Di Desa Madiredo

WARTAMU.ID, Malang – Kegiatan Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang merupakan sebuah program wajib yang dilakukan oleh mahasiswa aktif di universitas tersebut. Kegiatan ini merupakan partisipasi mahasiswa kepada masyarakat. Kegiatan PMM ini menjadi wadah bagi kami kelompok 34 gelombang 8 untuk menyalurkan berbagai kegiatan yang positif dan dapat membantu mesyarakat di Desa Madiredo. Kegiatan Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hirilisasi hasil penelitian UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG (UMM).

Workshop adalah kegiatan atau acara yang dilakukan oleh beberapa orang, yang mempunyai keahlian di suatu bidang tertentu, yang tujuannya adalah untuk membahas suatu masalah dan mengajari beberapa peserta workshop tersebut. pendek kata workshop adalah gabungan antara teori dan juga praktek, dalam suatu kegiatan. Workshop merupakan training yang dimana para peserta bekerja dengan cara individu atau kelompok, dalam menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan tugas yang sebenamya adalah untuk memperoleh pengalaman. Pengertian workshop adalah sebuah program pendidikan tunggal, untuk mengajarkan atau memperkenalkan pada setiap peserta dengan keterampilan praktis, teknis, atau ide-ide yang bisa digunakan pada pekerjaan mereka di kehidupan sehari- hari mereka. Pada umumnya workshop yang baik memiliki kapasitas yang kecil, yang terdiri dari 6-15 orang agar lebih fokus. Workshop biasanya dibuat untuk orang-orang yang mempunyai minat yang sama, atau bekerja di dalam bidang yang sama. Kegiatan ini biasanya diisi oleh para pakar atau orang yang telah mempunyai banyak pengalaman, di dunia nyata.

Pemberian Materi oleh Dinas Perlindungan Anak Dan Perempuan

Kelompok 34 Gelombang 8 Dibimbing oleh Ibu Indri Wahyuningsih, S.Kep.Ns., M.kep. Kelompok ini beranggotakan 5 orang dengan 1 orang Koordinator yaitu Rizki Sabilul Alif Ramadhan dari jurusan pendidikan biologi,  3 anggota lainnya jurusan Teknik Industri yaitu Lutfi Taqwa Ramadhan, Dini Fatika Sri Utami, Hanifatul Munawaroh, dan 1 anggota lainnya jurusan Psikologi yaitu Khairunnisah.

Seperti yang kita ketahui bahwasanya banyak dampak dari pernikan Dini atau pernikahan anak dibawah umur. Walaupun banyak masyarakat yang telah mengetahui dampak tersebut namun masih banyak diantara mereka yang melakukan pernikahan anak di bawah umur. Sehingga kami kelompok 34 gelombang 8 melakukan kegiatan workshop untuk memberikan pencegahan dari pernikahn dini ke pada masyarakat desa madiredo. Dalam membuat kegiatan ini kami melakukan koordinasi terlebih dahulu kepada ibu kepala desa, terkait apa saja yang kami butuhkan untuk memepersiapkan kegiatan workshop ini.

Setelah Koordinasi bersama Ibu kepala desa kami membuat surat undangan, kegiatan ini diikuti kurang lebih 35 orang peserta dengan rincian 6 orang Ibu-ibu tim penggerak PKK, PIK-Remaja 5 orang dan IPNU IPPNU 24 Siswa/i.

Proses kegiatan workhsop ini dilakukan di Balai Desa Madiredo, kami mempersiapkan dari JAM 13.00 dimulai dari susunan kursi, sound system, operator, pemasangan banner, konsumsi dll.

Sesi Foto Penyerahan Sertifikat Penghargaan Kepada Narasumber

Dalam kegiatan ini siswa/i maupun ibu-ibu penggerak PKK akan diberikan Materi oleh dinas perlindungan anak dan perempuan yaitu Pak Rohmat S.Pd.I mengenai Definisi pernikahan Dini, Batas usia minimal menikah baik itu perempuan maupun laki-laki, faktor pernikahan Dini, Dampak dan bagaimana cara mencegah pernikahan Dini. Tidak hanya pemberian materi peserta workshop pun diberikan sesi tanya jawab dengan tujuan menambah wawasan mereka terkait hal yang mereka kurang pahami. Kami mengadakan kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan hal baru kepada masyarakat Madiredo terkait dampak negatif dari pernikahan dini supaya masyarakat sekitar bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari entah itu dari kalangan remaja, dewasa maupun orang tua.

Rangkaian acara terakhir yaitu penyerahan sertifikat penghargaan kepada dinas perlindungan anak dan perempuan yaitu Pak Rohmat S.Pd.I, sebagai ucapan terimakasih kepada beliau yang telah membantu kami dalam rangkaian kegiatan workshop ini sebagai narasumber.

Diakhir kegiatan workshop dilanjutkan dengan kegiatan sesi foto bersama bersama seluruh tamu undangan, Narasumber dan anggota PMM kelompok 34 gelombang 8.

Dengan diadakan kegiatan workshop ini, diharapkan dapat memberikan berbagai manfaat kepada masyarakat desa Madiredo, agar dapat mencegah pernikahan Dini atau pernikahan anak dibawah umur. (rilis : PMM KELOMPOK 34 GELOMBANG 8)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *