HUT Lampung ke-59, Gubernur Lampung Berikan Penghargaan Almarhum Achmad Akuan

Rapat Paripurna DPRD Provinsi Lampung dalam rangka Hari Jadi Provinsi Lampung Ke-59 Tahun 2023

WARTAMU.ID, Way Kanan –  Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M, hadir dalam Rapat Paripurna DPRD Provinsi Lampung dalam rangka Hari Jadi Provinsi Lampung Ke-59 Tahun 2023, yang diadakan pada Sabtu (18/03/2023) di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Lampung.

Menurut laman resmi Pemprov Lampung, Rapat Paripurna tersebut dihadiri oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim. Dalam sambutannya, Gubernur Lampung menyatakan bahwa Provinsi Lampung pernah mengalami masa sulit selama pandemi Covid-19 dengan diberlakukannya PPKM, yang berdampak pada perekonomian masyarakat serta menyebabkan korban jiwa yang tidak sedikit. Namun, kesulitan tersebut dapat dikendalikan pada akhir tahun 2022.

Rapat Paripurna DPRD Provinsi Lampung dalam rangka Hari Jadi Provinsi Lampung Ke-59 Tahun 2023

Gubernur Lampung juga menyampaikan kinerja penyelenggaraan Pembangunan Daerah di Provinsi Lampung selama tahun 2022, antara lain pertumbuhan ekonomi dan peningkatan produksi padi, penurunan tingkat pengangguran terbuka dan angka kemiskinan, peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), penurunan Indeks Gini (kesenjangan ekonomi), serta peningkatan Nilai Tukar Petani (NTP) dan penurunan emisi Gas Rumah Kaca.

Provinsi Lampung juga meraih penghargaan sebagai Provinsi Terbaik (peringkat pertama nasional) dalam Ajang APBD Award 2023 atas realisasi belanja daerah tertinggi tahun 2022, yang diberikan oleh Pemerintah Pusat melalui Kementerian Dalam Negeri. Selain itu, Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) Provinsi Lampung juga meraih angka kinerja 72,44, di atas angka KUB nasional sebesar 72,39, yang menunjukkan kondisi kerukunan umat beragama di Provinsi Lampung saat ini dalam kondisi yang baik, di mana tercipta kondisi yang aman dan rukun.

Rapat Paripurna DPRD Provinsi Lampung dalam rangka Hari Jadi Provinsi Lampung Ke-59 Tahun 2023

Gubernur Lampung juga memberikan penghargaan yang tinggi kepada jajaran legislatif atas kerjasamanya dalam mencapai prestasi pembangunan di Provinsi Lampung, khususnya dalam hal pelaksanaan fungsi penganggaran, fungsi pengawasan, dan fungsi legislasi. Dia juga mengapresiasi jajaran Forkopimda dan semua unsur yang telah berperan serta aktif dalam pembangunan di Provinsi Lampung.

Selain itu, Gubernur Lampung memberikan penghargaan atas nama Pemerintah Provinsi Lampung kepada salah satu Pahlawan Daerah Lampung, yaitu Almarhum Achmad Akuan.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *