RAGAM  

Jaga Kebersihkan Dusun Gumuk Bersama Mahasiswa PMM UMM

Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Gelombang 2 Kelompok 33 Universitas Muhammadiyah Malang

WARTAMU.ID, Malang – Kerja bakti merupakan kegiatan yang dilakukan bersama-sama atau secara gotong royong demi menjaga kebersihan lingkungan sekitar sebagai kepentingan bersama. Semakin bersih lingkungan, maka semakin rapi dan indah untuk dilihat. Manfaat ini tidak hanya dinikmati oleh perorangan namun bagi semua masyarakat. Menjaga kebersihan juga termasuk sebagian dari iman.

Tidak hanya itu, dengan menjaga kebersihan lingkungan, dapat menjaga diri agar tidak mudah terserang oleh berbagai penyakit. Lingkungan yang kebersihannya tidak terjaga dapat menjadi tempat nyamuk berkembang biak. Maka dari itu kebersihan lingkungan dapat membuat kita terhindar dari berbagai penyakit seperti penyakit deman berdarah, malaria, demam tifoid, dan penyakit lainnya yang berpotensi muncul pada lingkungan yang tidak dijaga kebersihannya.

Jaga Kebersihkan Dusun Gumuk Bersama Mahasiswa PMM Gelombang 2 Kelompok 33 Universitas Muhammadiyah Malang

Untuk mewujudkan kebersihan lingkungan, Tim Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Bhaktiku Negeri Gelombang 2 Kelompok 33 Universitas Muhammadiyah Malang melakukan program kerja berupa kerja bakti bersama warga. Tim PMM Gelombang 2 Kelompok 33 sendiri berada di bawah naungan dosen pembimbing Widianto, ST., MT. dan beranggotakan lima orang yaitu Priyo Dwi Trisno Mukti (202010370311075), Varrel Rizalvyno Zaidan Firdaus (202010370311052), Rosi Andreyna Buntari Putri (202010370311080), Savireza Salsabil Faradha (202010370311084), dan Farah Najwa Azzahra (202210410311275).

Kerja bakti ini merupakan salah satu program kerja yang dirancang oleh Tim Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Gelombang 2 Kelompok 33 Universitas Muhammadiyah Malang bersama warga ini dilaksanakan di Dusun Gumuk, Desa Selorejo, Kec. Dau, Kab. Malang, Provinsi Jawa Timur pada hari Sabtu, 3 Februari 2024. Kegiatan ini bertujuan membantu memelihara lingkungan sekitar pada Dusun Gumuk. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Kegiatan kerja bakti ini dilakukan dengan memangkas rumput dan tanaman liar yang berada di sekitar dusun. Rumput dan tanamanĀ  yang dipangkas serta sampah yang ada kemudian dikumpulkan, diangkut lalu dibuang.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *