WARTAMU.ID, Bandar Lampung – Salah satu kegiatan di penghujung Semester 2 Tahun Pelajaran 2021-2022 menjelang kelulusan peserta didik kelas IX SMP Lazuardi Haura Global Compassionate yang berlokasi di Jln. Imba kusuma Kelurahan Sumur Putri Kecamatan Teluk Betung Selatan Kota Bandar lampung. Selama kurang lebih sepekan, dari tanggal 6-10 juni 2022, Sebanyak 24 siswa-siswi menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan atau Project karya yang diujikan secara komprehensif dengan melibatkan, bunda Shita Darmasari, M.Kes selaku Ketua Yayasan Dr. Soebyan, Kepala Sekolah SMP Lazuardi Haura Rizky Hesriyana, S.Pd, Guru Pembimbing KTI, Tim Penguji dari Perwakilan Guru Dan Orang Tua.
Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan atau Project Karya Siswa Siswi kelas IX SMP Lazuardi Haura Global Compassionate merupakan bagian dari salah satu syarat kelulusan peserta didik. Ada Beberapa tahapan yang dilakukan peserta didik di kelas IX dalam merancang bangun Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan atau Project karya diantaranya. Pertama, Peserta Didik menentukan sendiri topik atau Tema Penelitian yang akan diteliti untuk sebuah karya tulis ilmiah dan atau project karya dengan bimbingan guru. Kedua, Peserta Didik merumuskan kerangka penelitian, latar belakang masalah, tujuan dan manfaat dari penelitian. Ketiga, Peserta Didik melakukan pengamatan dan pengumpulkan data, bahan dari berbagai media, jurnal yang relevan dengan tema maupun topik yang menjadi fokus pembahasan.

Aktifitas ini telah dilakukan sejak awal Semester 2 tentunya dengan mempertimbangkan masukan dan saran dari guru pembimbing Karya tulis Ilmiah dan project karya. Keempat, Menyusun Hipotesis, Penyusunan Rancangan Penelitian, hingga mejadi sebuah proposal penelitian. Kelima, Proposal KTI dan atau Project Karya diseminarkan dengan menghadirkan tim penguji dari unsur guru yang berkompeten dididangnya. Keenam, Peserta Didik melanjutkan dan lengkapi data-data yang perlu ditambahkan pada saat menerima saran dan masukan setelah ujian proposal dilaksanakan. Ketujuh, Ujian Komprehensif. Ujian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat pencapaian dari seluruh hasil penelitian yang diadakan oleh peserta didik. Pada tahap ini ujian komprehensif menghadirkan orang tua siswa, pihak yayasan dan guru sebagai tim penguji hasil Karya Tulis Ilmiah (KTI).
Tujuan dari pembuatan Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan atau Project karya ini adalah melatih peserta didik untuk berpikir HOTS (Higher Order Of Thingking Skill), logis, kreatif, inovatif, komprehensif, dan mampu mengembangkan serta memperluas cakrawala ilmu pengetahuan (pengembangan budaya literasi) dalam membuat sebuah karya tulis ilmiah. Meningkatkan pengorganisasian fakta/data secara jelas dan sistematis. Mengutip pendapat Munawar Syamsudin dalam karyanya “Metode Riset Kuantitatif Komunikasi” menjelaskan bahwa karya tulis ilmiah merupakan naskah yang membahas suatu masalah tertentu, atas dasar konsepsi keilmuan tertentu, dengan memilih metode penyajian secara utuh, teratur, dan konsisten. Dalam proses pembuatan karya ilmiah, untuk bisa mencapai tujuan penulisan karya ilmiah ada tiga unsur penting yang harus dijadikan pegangan. Karya ilmiah adalah konsep penelitian yang memuat data, fakta, dan kebaruan ilmu.
Adapun sasaran (goal) dari kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi bekal (supplies) bagi peserta didik untuk mengenal lebih awal bagaimana mengkonstruksi sebuah Karya Tulis Ilmiah (KTI), dan atau Project Karya. Disamping itu juga dapat menjadi pengalaman berharga selama proses pembuatannya dan juga merupakan salah satu pembelajaran berbasis Project Best Learning serta bagian dari penilaian kelulusan (Graduation Assessment) peserta didik di kelas IX SMP Lazuardi Haura Global Compassionate. Sukses dan tetaplah semangat untuk peserta didik yang telah melewati suasana suka dan duka dalam menyelesaikan tugas Karya Tulis Ilmiah (KTI) dan atau Project Karya. Selamat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dalam menggapai cita-cita luhur. Educate Your Children For A Time Not Yours.