Kerajaan di Indonesia yang Masih Ada hingga Saat Ini

Kerajaan di Indonesia yang Masih Ada hingga ( Foto : Farano Gunawan di Unsplash)

WARTAMU.ID, Jakarta – Indonesia lahir dari kerajaan-kerajaan besar di Nusantara pada masa lampau. Setiap wilayah memiliki raja dan daerah kekuasaan sendiri yang mengatur jalannya kegiatan pemerintahan kala itu, dikutip dari cnnindonesia.com

Setelah Indonesia merdeka, beberapa kerajaan itu masih eksis secara fisik dan memiliki raja meskipun tak lagi berdaulat.

Berikut 5 kesultanan atau kerajaan di Indonesia yang masih ada di tanah air dan diakui pemerintah sampai saat ini.

1. Kesultanan Cirebon

Keraton Kasepuhan Cirebon

Kesultanan Cirebon adalah Kesultanan Islam ternama di Jawa Barat pada abad 15-16 Masehi. Lokasinya yang strategis menjadikan Kesultanan Cirebon sebagai jalur perdagangan dan pelayaran penting antarpulau pada masa itu.

Kesultanan ini menjadi jembatan kebudayaan Jawa Tengah dan Jawa Barat, sehingga terciptalah kebudayaan yang khas yakni kebudayaan Cirebon yang berbeda dari kultur Jawa maupun Sunda.

Kasultanan Cirebon didirikan Walangsungsang atau Pangeran Cakrabuana pada 1430. Usai berhaji, Pangeran Cakrabuana mengganti namanya sebagai Haji Abdullah Imam.

Selama memerintah, ia aktif menyebarluaskan ajaran Islam kepada penduduk Cirebon dan sekitarnya.

Kerajaan ini berkembang pesat usai dipimpin Sunan Gunung Jati yang mendirikan dinasti raja-raja Cirebon dan Banten.

2. Kesultanan Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Kesultanan Yogyakarta atau Ngayogyakarta Hadiningrat mulanya merupakan bagian dari Kerajaan Mataram Islam yang terpecah dua. Pembagian wilayah kekuasaan tersebut tertuang dalam Perjanjian Giyanti pada 1755.

Pangeran Mangkubumi diangkat sebagai sultan dengan gelar Hamengkubuwana I dan berkuasa atas daerah Yogyakarta. Setelah itu, Sri Sultan Hamengkubuwana I mendirikan keraton di pusat kota yang masih menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Yogyakarta.

Pada 1950, Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat resmi menjadi Daerah Istimewa Yogyakarta, sebuah pemerintahan daerah berotonomi khusus setingkat provinsi.

Sementara para penggantinya tetap mempertahankan gelar yang digunakan yakni Hamengkubuwana. Saat ini raja kesultanan Yogyakarta yang memerintah adalah Bendara Raden Mas Herjuno Darpito atau Sultan Hamengkubawana X yang menjabat sejak 1988.

3. Kasunan Surakarta

Gerbang Keraton Solo

Kasunanan Surakarta Hadinigrat adalah pecahan kedua dari Kerajaan Mataram Islam yang masih bertahan hingga sekarang. Kerajaan yang berpusat di Kota Surakarta atau Solo ini masih dijabat oleh Pakubuwana XIII.

Kasunan Surakarta adalah salah satu dari kerajaan di Indonesia yang masih ada sampai saat ini dan secara resmi telah menjadi bagian Negara Republik Indonesia (NKRI) sejak 1945.

Kompleks bangunan keratonnya masih berfungsi sebagai tempat tinggal Sri Sunan yang masih menjalankan tradisi kerajaan hingga saat ini.

4. Kesultanan Ternate

Masjid Sultan Ternate

Kesultanan Ternate atau disebut juga Kerajaan Gapi adalah kerajaan Islam yang berada di Kepulauan Maluku. Kerajaan yang didirikan oleh Sultan Marhum pada 1257 ini juga merupakan salah satu kerajaan Islam tertua di Indonesia.

Kesultanan ini memiliki peran penting di kawasan timur Nusantara, dan mengalami kegemilangan pada paruh abad 16 berkat perdagangan rempah-rempah dan kekuatan militernya.

Kesultanan yang didirikan oleh Baab Mashur Malamo ini masih ada dan dijabat oleh Sultan Syarifuddin Bin Iskandar Muhammad Djabir Sjah sejak 2016, meskipun tidak lagi memegang kekuatan politik apa pun.

5. Kesultanan Deli

Istana Maimun (Foto : IG medanreview)

Kesultanan yang kini terletak di Kabupaten Deli Serdang, Kota Medan ini merupakan kesultanan Melayu yang didirikan pada 1632 oleh Tuanku Panglima Gocah Pahlawan Indonesia).

Kesultanan Kesultanan Deli masih tetap eksis hingga sekarang meski tidak lagi mempunyai kekuatan politik setelah berakhirnya Perang Dunia II dan proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Sultan Deli bergelar Sri Paduka Tuanku Sultan. Sultan Deli saat ini adalah Sultan Mahmud Lamanjiji Perkasa Alam, Sultan Deli XIV, yang memegang takhta sejak 2005.

Itulah 5 kerajaan di Indonesia yang masih ada sampai saat ini. Meski di antaranya ada yang sudah tidak memiliki kekuasaan, namun keberadaannya menjadi bukti bahwa Indonesia adalah negara kesatuan.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *