RAGAM  

Mahasiswa PMM Kelompok 20 Gel 6 UMM gelar Lomba Dolan Bareng : Dorong Awareness Generasi Muda tentang Pemasaran Digital Wisata Daerah

Risma juga menyampaikan aspirasinya bahwa lewat lomba ini skill yang ia punya bisa semakin terasah dengan baik

WARTAMU.ID, Malang – Di era serba digital ini, semua mudah diakses dari mana saja dan kapan saja. Bahkan sebuah tempat wisata bisa dikenalkan hanya dari media sosial dan ber-impact pada ramainya wisatawan yang datang. Fenomena ini merupakan bagian dari pemasaran digital, dan Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memanfaatkan momentum tersebut untuk dijadikan sebagai tolak ukur salah satu program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) yang mereka prakarsai.

Kegiatan pengabdian masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan hilirisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Anggota kelompok tersebut dari Gita Aulia, Khansa Nurunnisa, Ushulyah Dirmanto, dan Zahrah yang berasal dari prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang serta dibimbing oleh pak Yaris Adhial Fajrin, SH., MH. selaku dosen pembimbing lapangan (DPL)

Terdaftar sebagai kelompok 20 gelombang 6, dengan mantap 4 orang mahasiswi mengadakan acara lomba bertemakan ide campuran dari audio visual, digital marketing, serta branding mereka menamakan acara tersebut Dolan Bareng atau disingkat DORENG.

DORENG bukanlah sekedar ajang kompetisi, melainkan panggung kolaborasi yang mengundang partisipasi untuk anak muda. Sebagai wadah mengekspresikan ide-ide kreatif dalam mempromosikan keindahan destinasi pariwisata lokal. Melalui lomba ini, mahasiswa UMM berharap dapat memperluas pemahaman tentang pemasaran digital serta menggali potensi pariwisata daerah. Acara DORENG sendiri diadakan hingga 5-11 Februari2024.

Risma juga menyampaikan aspirasinya bahwa lewat lomba ini skill yang ia punya bisa semakin terasah dengan baik

Menurut Gita, selaku koordinator Kelompok 20 Gelombang 6 PMM UMM, “Acara perlombaan ‘DORENG’ tidak hanya bertujuan untuk menyelesaikan program kerja PMM kami, tetapi juga untuk meningkatkan kesadaran penduduk sekitar Desa Mangliawan akan potensi wisata sumber air Wendit Lanang ini.”

Wisata Wendit Lanang, sebagai fokus utama dalam Lomba Dolan Bareng,akan mendapatkan sorotan yang lebih besar melalui promosi digital yang dihasilkan dari kegiatan ini. Harapannya, pesona wisata daerah ini akan semakin dikenal dan diakses oleh masyarakat luas, sambil memberikan manfaat ekonomi yang berdampak positif bagi komunitas setempat.

Risma, seorang pelajar SMK 6 MALANG,dan merupakan salah satu pemenang lomba mengaku baru tahu bahwa dekat desanya ada wisata sumber wendit lanang, “Ternyata dibalik gapura ada pemandian hidden gem.”

Risma juga menyampaikan aspirasinya bahwa lewat lomba ini skill yang ia punya bisa semakin terasah dengan baik. “Seneng ikut lomba ini, lombanya pas banget sama hari libur jadi kita bisa memanfaatkan waktu luang kita dengan hal bermanfaat.” Tambahnya saat berbincang dengan panitia ketika pembagian hadiah.

Memang hal tersebut adalah salah satu dampak positif yang diharapkan yaitu peningkatan keterampilan pengeditan video bagi generasi penerus bangsa, yang sangat berharga dieradigital saat ini, terutama dalam hal branding dan promosi. Melalui Lomba Dolan Bareng ini, mahasiswa UMM tidak hanya berusaha untuk memperkenalkan destinasi pariwisata lokal, tetapi juga untuk memberdayakan peserta dengan keterampilan yang relevan dengan tuntutan zaman. Hal ini sejalan dengan semangat pengembangan kompetensi untuk mempersiapkan generasi yang tangguh dalam menghadapi tantangan masa depan.

Dengan dukungan dari pengelola wisata dan panitia yang berusaha memberikan yang terbaik, Lomba Dolan Bareng dianggap bisa menjadi langkah awal yang dalam membangun kesadaran akan potensi pariwisata lokal melalui pemasaran digital. Keberhasilan program ini tidak hanya akan menginspirasi program PMM lainnya, tetapi juga menjadi contoh konkret bahwa semangat kreativitas mahasiswa dapat menjadi motor penggerak bagi pengembangan pariwisata lokal yang berkesinambungan.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *