DAERAH  

MDMC Back Up Mitigasi Bencana BPBD Kota Metro

MDMC bersama BPBD Kota Metro

WARTAMU.ID, Kota Metro (Lampung) – Muhammadiyah disaster management Center (MDMC) Kota Metro, terus mendekatkan diri dengan stakeholder Kebencanaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Metro.Rabu, 27 Oktober 2021 lalu, mendapat sambutan hangat dari Kepala Pelaksana BPBD Kota Metro, Drs. Firdaus, MM. Berharap bahwa kolaborasi yang baik antara BPBD terus di kuatkan, sebagai upaya mitigasi bencana.

Dalam kunjungan tim MDMC, yang dipimpin oleh Bekti Satriadi diterima langsung oleh Ka.BPBD Kota Metro, selain memperkenalkan lembaga, MDMC menyampaikan dukungan kepada BPBD dalam penanggulangan bencana.

MDMC bersama BPBD Kota Metro

Bekti Satriadi mewakili Ketua MDMC Kota Metro dr. Tofik Rahmanto, Sp.B. menyampaikan bahwa, “walaupun secara geografis kota metro beresiko sedang untuk terjadi bencana alam, namun pemerintah berfokus pada upaya mitigasi dan membangun kesiapsiagaan. Lakukan bimbingan dan simulasi evakuasi bencana bagi sekolah-sekolah dan lembaga yang ada di kota metro” ucap Bekti.

Selain itu MDMC ada beberapa merekomendasikan / usulan untuk program BPBD Kota Metro diantaranya;

  1. Agar dibentuk sekretariat bersama SPAB di Kota Metro
  2. Agar pemerintah kota metro BPBD memfasilitasi terbentuknya forum pengurangan risiko bencana.
  3. Agar BPBD melakukan kajian risiko bencana yang ada di kota Metro.
  4. Agar BPBD Kota Metro bersama seluruh elemen di kota Metro untuk mengisi momen bulan kesiapsiagaan bencana yang jatuh pada bulan April dan bulan pengurangan risiko bencana yang jatuh pada setiap bulan Oktober, dengan kegiatan pengembangan kapasitas kesiapsiagaan masyarakat.

Saat dikonfirmasi wartamu.id Kepala Pelaksana BPBD Kota Metro, Drs. Firdaus, MM menyampaikan harapan besar kepada MDMC Kota Metro bahwa yang disampaikan ada beberapa poin diantaranya, “Mengharapkan agar MDMC dapat bersinergi terhadap Pemerintah Kota Metro dalam hal ini melalui BPBD dalam penanganan bencana khusus nya di Kota Metro dan pada umumnya di kab/ kota lainnya, Menjalin silaturahim dan kerja sama di bidang kebencanaan dengan BPBD dalam upaya mengurangi resiko bencana, MDMC Turut serta Mensosialisasikan program pemerintah dalam penanganan Covid19, vaksinasi dan menjaga lingkungan sekitar” harap Ka.BPBD Kota Metro.

MDMC bersama BPBD Kota Metro

Dikesempatan yang sama Ka.BPBD Kota Metro manyampaikan bahwa, “MDMC bersama BPBD dalam upaya melakukan mitigasi bencana, antara lain, Mensosialisasikan program program pemerintah dalam. Penanganan bencana ke pada OPD, instansi, Sekolah dan Kampus serta Masyarakat, BPBD secara bertahap membangun infrastruktur terdampak banjir di titik titik rawan banjir” ungkapnya

Pada akhir wawancara dengan Ka.BPBD menyampaikan bahwa, “BPBD dan Relawan BPBD menjalankan tugas sehari hari dalam memantau kondisi cuaca di 5 kecamatan di Kota Metro, Serta melakukan gerakan sadar akan bencana dengan cara kerjabakti, gotong royong dsb.Kedepannya BPBD berupaya untuk menyusun dokumen perencanaan penanganan bencana atau disebut juga Kajian Resiko Bencana (KRB)” tutup Ka.BPBD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *