Pencak Silat Salah Satu Ajang Penguatan Nilai-nilai Pancasila

Pentas Seni Pencak Silat

WARTAMU.ID, Lampung Selatan – Penguatan nilai-nilai Pancasila melalui jalan kesenian merupakan cara efektif karena kesenian adalah produk budaya masyarakat.

Kesenian adalah hasil dari cipta, rasa dan karsa manusia bersama komunitasnya yang biasa disebut masyarakat. Kesenian juga merupakan produk budaya masyarakat. Oleh karena itu, Kesenian mempunyai akar yang kuat di masyarakat, Didalam kesenian, tertanam kuat rasa cinta lingkungan dan nasionalisme, kecintaan kepada bangsa dan tanah air. Oleh karena itu, penguatan nilai-nilai Pancasila dapat efektif bersinergi melalui kesenian. Mendorong penguatan dan pengembangan kesenian, berarti juga menguatkan nilai-nilai Pancasila.

Pentas Seni Pencak Silat

Anggota MPR RI Fraksi PDI Perjuangan Ir. Hi. Endro Suswantoro Yahman, M.Sc dalam kegiatan Sosialisasi 4 Pilar MPR RI di SMA Ma’arif Desa Sukatani, Kecamatan Kalianda , Kabupaten Lampung Selatan, Selasa, 30/11/ 2021.

Kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan dengan pentas kesenian pencak silat TTKDH dari beberapa padepokan pencak silat di Kab. Lampung selatan, yakni Padepokan Sima Maung, Padepokan Murni Sejati. Peserta yang hadir adalah siswa / siswi SMA Ma’arif. Hadir dalam acara ini Bapak Sidik mewakili Kepala sekolah SMA Ma’arif, Bapak Hermansyah pimpinan Padepokan silat Sima Maung serta Pejuang Siliwangi patok, Ucapnya.

Menurut Endro Suswantoro Yahman, Kesenian yang berangkat dari akar masyarakat, akan selalu hidup dan berkembang, karena kesenian merupakan salah satu cara masyarakat dalam mengekspresikan perasaan, pikiran. Pendiri negara kita Ir. Soekarno atau yang sering dipanggil Bung Karno juga pernah menyatakan bahwa “kesenian adalah kesenian yang sebenarnya, bila merupakan ciptaannya sendiri”.

Pentas Seni Pencak Silat

Dengan demikian, kesenian yang merupakan hasil ciptaannya sendiri, pasti berakar kuat di masyarakat karena ekspresi budaya masyarakatnya.

Penampilan atraksi kesenian pencak silat juga diselingi dengan pertanyaan/quiz kepada peserta mengenai pemahaman tentang Pancasila, UUD 1945 , Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Bagi peserta yang dapat menjawab secara benar diberikan bermacam ragam hadiah. (wagiman)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *