Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Bupati Way Kanan Tanam Pohon Di Taman Ramik Ragom

Gerakan Menanam Pohon Serentak dalam Rangka Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia Tahun 2023 di Taman Ramik Ragom RUSUNAWA Km. 02 Blambangan Umpu

WARTAMU.ID, Way Kanan – Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M melakukan Gerakan Menanam Pohon Serentak dalam Rangka Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia Tahun 2023 di Taman Ramik Ragom RUSUNAWA Km. 02 Blambangan Umpu, Senin (05/06/2023).

Pada kegiatan bertema Solutions to Plastic Pollution, Bupati Adipati melakukan penanaman pohon bersama Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos.,M.IP, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekda, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang serta Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika dan jajaran Tim Orange Dinas Lingkungan Hidup.

Penanaman pohon merupakan bagian dari pengembangan Proklim untuk Program Zero Emission. Selain itu, penanaman pohon juga sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan, yang tidak hanya mengekploitasi SDAnya, namun juga untuk keseimbangan alam. Polusi plastic merupakan ancaman nyata yang berdampak pada setiap komunitas di seluruh dunia. Diproyeksikan oleh UNEP bahwa pada Tahun 2040 akan terdapat 29 Juta ton plastic masuk ke ekosistem perairan.

Gerakan Menanam Pohon Serentak dalam Rangka Hari Lingkungan Hidup Se-Dunia Tahun 2023 di Taman Ramik Ragom RUSUNAWA Km. 02 Blambangan Umpu

Untuk itu, resolusi plastik diambil sebagai langkah besar dapat upaya memerangi polusi plastik, mengingat semakin mengkhawatirkannya permasalahan plastik yang berperan dalam tiga jenis yang melanda Bumi, yaitu perubahan iklim, kehilangan biodiversitas, serta polusi.

Berdasarkan data Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional (www.sipsn.menlhk.go.id), di Tahun 2022 Indonesia menghasilkan sekitar 68,5 Juta ton sampah dan sekitar 18,5% diantaranya berupa sampah plastik. Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, maka Pemerintah Kabupaten Way Kanan akan mengadakan kegiatan bersih-bersih sampah pada Hari Jum’at, Tanggal 9 Juni 2023.

Adapun jenis pohon yang ditanam yaitu Pohon Mahoni (Swietenia Macrophylla), Pohon Pulai (Alstonia Scholaris), dan Pohon Jambu Jamaica (Syzygium Malaccense). Kegiatan penanaman pohon juga secara serentak di masing-masing OPD dan Kecamatan se-Kabupaten Way Kanan.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *