Pimpinan Pusat Aisyiyah Intruksikan Tanam 5 Juta Pohon

  • Bagikan

WARTAMU.ID, Lampung Selatan – Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah Aisyiyah Lampung, Serta Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung menggelar kegiatan gerakan menanam 5 juta pohon ( tanaman) bekerja sama dengan
Mahasiswa pencinta alam semesta Kalianda ( MAPASANDA ) STIE Muhammadiyah Kalianda Kabupaten Lampung Selatan, Minggu, (13/06/2021).

Komandan Mahasiswa Pencinta Alam Semesta Kalianda ( Mapasanda) STIE Muhammadiyah Kalianda Kabupaten Lampung Selatan, Ahmad Zaini
Mengatakan gerakan menanam 5 juta pohon ini merupakan perintah langsung dari Pimpinan Pusat Aisyiyah dalam rangka Milad Aisyiyah yang sudah berkiprah dalam dakwah keagamaan dan sosial kemasyarakatan selama 104 tahun.

“Gerakan menanam 5 juta pohon yang diluncurkan MAPASANDA ini bekerja sama dengan Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Wilayah Aisyiyah Lampung, Serta Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Lampung, dengan menanam mangrove di kawasan wisata Pantai Bagus Kalianda” katanya.

Kegiatan ini Bimbingan dan arahan dari ketua Lembaga LHPB PWA Lampung, yang juga ketua Majelis Lingkungan Hidup PWM Lampung Dr. Erna Rochana mengatakan menanam 200 batang bibit Rhizopora dengan sistem rumpon. Lokasi yang dipilih adalah estuaria yang bersifat intertidal ( jika air pasang dia tergenang, jika air surut dia seperti didarat).

Penanaman sistem rumpon dilakukan secara kelompok dengan jarak rapat dan dilindungi dengan bambu. Harapannya ada yang bertahan hidup meski hanya 10 persen,artinya tidak mati semua, Ujarnya.

Erna Rochana menambahkan Penanaman ini bukan sekedar seremonial yang setelah ditanam kemudian ditinggalkan begitu saja. Sesuai arahan PP Aisyiyah, yang berpesan bayi mangrove itu dirawat dan diasuh hingga besar dan berdaya guna, Harapnya. (wagiman)

 1,378 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.