PMI Lampung Launching Gerakan SIGER

  • Bagikan

WARTAMU.ID, Lampung (Humas) – Dalam rangka peringatan Hari Donor Darah se-Dunia Tahun 2021, Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Lampung melaksanakan Launching Gerakan SIGER (Saatnya Ikut berGErak untuk Rakyat yang membutuhkan) Donor Darah yang dilaksanakan di Gedung Pusiban, Komplek Kantor Gubernur Lampung, Senin, 21 Juni 2021.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung Juanda Naim hadir langsung pada acara yang diluncurkan oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi tersebut.

Tampak hadir pada kegiatan PMI yang diketuai Riana Sari Arinal itu diantaranya, Wakil Ketua DPRD Provinsi Lampung, Forkopimda Provinsi Lampung, Sekda Provinsi Lampung, Dewan Kehormatan PMI Provinsi Lampung, unsur Perguruan Tinggi, BUMN / Dunia Usaha, serta Organisasi Masyarakat.

Selain kegiatan launching, diadakan pula donor darah yang akan dilaksanakan selama dua hari, yakni tanggal 21 dan 22 Juni 2021 dengan target 300 kantung darah.

Hari Donor Darah sedunia yang jatuh pada tanggal 14 Juni 2021 ini mengusung tema “Donorkan Darahmu, Kehidupan Dunia Terjaga”.

Rangkaian kegiatan diantaranya adalah bakti sosial penyaluran bantuan, penandatanganan MoU komitmen bersama donor darah dengan Dinas / Instansi, Perguruan Tinggi, serta BUMN / Pelaku Dunia Usaha, launching aplikasi Donorku, pemberian penghargaan bagi pendonor terbanyak selama pandemi Covid-19, serta penobatan duta donor darah.

Arinal dalam sambutannya dengan tegas menegur pihak rumah sakit yang mengkomersilkan masyarakat yang membutuhkan bantuan darah. Arinal menyatakan akan menutup rumah sakit yang terbukti melakukan praktik komersialisasi donor darah.

Arinal juga meminta transparansi terkait stok darah yang ada di PMI kepada seluruh rumah sakit yang ada di Provinsi Lampung.

“Selama pandemi Covid-19, diminta pelaksanaan donor darah untuk mengikuti protokol kesehatan. Saya akan berkoordinasi dengan Bupati / Walikota untuk turut mensukseskan program PMI agar tidak terjadi kelangkaan darah di seluruh provinsi Lampung,” tutur Arinal.

Kegiatan ditutup dengan peninjauan pelaksanaan donor darah.(Anggithya)

 1,456 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *