RAGAM  

PMM UMM Membuat Inovasi Canggih Untuk Meningkatkan Produktivitas Di SDN 1 Landungsari Dan UMKM Landungsari

PMM UMM Kelompok 33 gelombang 8

WARTAMU.ID, Malang – Sejumlah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) membantu membuat absensi digital untuk SDN 1 Landungsari dan membuat website dengan judul “apa aja landungsari” di Jl. Tirto Rahayu, Dusun Bend., Landungsari, Kec. Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kegiatan pendampingan ini merupakan kegiatan di bawah naungan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang. Dosen Pembimbing (DPL) dari kegiatan ini Ibu Chalimatuz Sa’diyah SE., MM.

Dunia terus bergerak maju, dan era digital telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk cara kita mencatat kehadiran dan juga mempromosikan sebuah usaha. Kegiatan ini dilakukan oleh kelompok 33 gelombang 8 pada tanggal (19 Januari – 19 Februari 2024). Anggota kelompok tersebut terdiri, Muhammad Gilang Syafrudin (Koordinator), Naufal Samba (Sekertaris), Taufiq Nurrochman (Bendahara), Alif Kurnia (Dokumentasi), Daffa Alif (Perlengkapan).

PMM UMM Kelompok 33 gelombang 8

Kegiatan ini dapat mengenalkan anak-anak SD Negeri 1 Landungsari untuk mengetahui dan juga membuat pengalaman teknologi absensi berbasis digital yang ada di Landungsari. Oleh karena itu kami mahasiswa PMM Universitas Muhammadiyah Malang kelompok 33 gelombang 8 tahun 2024 melaksanakan kegiatan pengenalan digital absensi kepada siswa – siswi dan juga guru di SD Negeri 1 Landungsari. Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari wali kelas 1-6 SD Negeri 1 Landungsari. Dalam kegiatan ini wali kelas 1- 6 SD diberikan pengetahuan mengenai bagaimana cara kerja dari absensi digital. Tidak hanya memberi pengetahuan saja wali murid tersebut diberikan contoh dari absensi digital.

Selain itu kegiatan kelompok 33 gelombang 8, membuat program website UMKM Landungsari dengan tujuan promosi dan meningkatkan produktivitas. Dengan cara mengenalkan kepada pemuda masyarakat Landungsari. Website UMKM Landungsari bukan hanya platform online, tetapi juga menjadi wadah bagi para pelaku UMKM untuk belajar dan berkembang. Di website ini, mereka dapat mengikuti pelatihan dan seminar online tentang berbagai topik, seperti marketing digital, pengelolaan keuangan, dan pengembangan produk.

Dengan adanya website UMKM landungsari dapat dampak postif dari para UMKM yaitu :

  • Meningkatkan penjualan: Website ini memudahkan konsumen untuk menemukan dan membeli produk UMKM.
  • Meningkatkan pendapatan: Peningkatan penjualan menghasilkan peningkatan pendapatan bagi UMKM.
  • Meningkatkan literasi digital: UMKM belajar tentang pemasaran online dan penggunaan teknologi digital.

Dengan diberikannya kesempatan oleh Kepala sekolah dan Guru – Guru, dapat memaksimalkan kegiatan ini untuk mengenalkan kepada siswa siswi SD Negeri 1 Landungsari terhadap absesi digital dan juga diberikan kesempatan untuk mengenalkan website UMKM kepada pemuda masyarakat. Dengan dilakukannya kegiatan ini kami berharap siswa – siswi SD Negeri 1 Landungsari dan UMKM Landungsari menjadi memahami dunia digital selanjutnya.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *