RAGAM  

Satlantas Polres Way Kanan Berikan Himbauan Humanis kepada Pengendara Motor Tanpa Helm di Jalinsum

Dalam operasi simpatik tersebut, Aiptu I Gusti N dan anggotanya menghentikan para pelanggar, terutama pelajar atau anak di bawah umur

WARTAMU.ID, Way Kanan – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Way Kanan memberikan himbauan secara humanis kepada pengendara sepeda motor yang tidak memakai helm di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) Kampung Gunung Katun, Kecamatan Baradatu, Kabupaten Way Kanan. Himbauan tersebut disampaikan oleh Kanit Kamsel Satlantas Polres Way Kanan, Aiptu I Gusti N, yang didampingi oleh anggotanya pada Kamis (11/07/2024).

Dalam operasi simpatik tersebut, Aiptu I Gusti N dan anggotanya menghentikan para pelanggar, terutama pelajar atau anak di bawah umur, yang melintas di Jalinsum Kampung Gunung Katun. Dengan penuh simpatik, mereka menegur dan memberikan himbauan pentingnya memakai helm dan tertib berlalu lintas.

Kapolres Way Kanan, AKBP Pratomo Widodo, melalui Kasat Lantas AKP Suarjono Surya Ningrat menyampaikan bahwa tindakan ini merupakan bagian dari upaya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu tertib berlalu lintas demi menjaga keselamatan diri sendiri maupun orang lain serta mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Penggunaan helm sangat penting untuk keselamatan. Kami juga mengimbau agar pelajar sekolah tidak mengendarai sepeda motor karena mereka belum cukup umur dan belum mampu mengendalikan diri dengan baik, yang dapat membahayakan keselamatan diri sendiri maupun orang lain. Pelajar yang belum cukup umur juga belum boleh mengurus Surat Izin Mengemudi (SIM),” jelas Kasat Lantas AKP Suarjono Surya Ningrat.

Pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat, khususnya pengguna kendaraan bermotor roda dua, untuk selalu menghormati pengguna jalan lain dan tidak menggunakan knalpot yang tidak sesuai dengan spesifikasi teknis (knalpot brong) karena tidak sesuai dengan aturan.

“Diharapkan dengan kegiatan ini, masyarakat dapat menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas, khususnya pengendara kendaraan bermotor agar tetap mematuhi tata tertib dalam berlalu lintas,” tambah Kasat Lantas.

Kegiatan ini mendapat respons positif dari masyarakat sekitar yang berharap tindakan simpatik ini dapat meningkatkan kesadaran berlalu lintas dan mengurangi angka kecelakaan di wilayah mereka.