DAERAH  

SD Muhammadiyah Sang Surya Bandar Agung Selenggarakan Workshop Perumusan Aturan Pokok Kepegawaian dan Penggajian

Dalam sambutannya, Kepala SD Muhammadiyah Sang Surya, Arif Hidayatullah, menyampaikan bahwa SD Muhammadiyah Sang Surya telah memasuki tahun kelima sejak didirikan.

WARTAMU.ID, Tulang Bawang – SD Muhammadiyah Sang Surya Bandar Agung, Kabupaten Tulang Bawang, mengadakan workshop untuk merumuskan aturan pokok kepegawaian dan penggajian pada 9-10 Juli 2024. Kegiatan ini didampingi oleh Tim SD Muhammadiyah Metro Pusat.

Acara pembukaan dihadiri oleh Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Tulang Bawang, anggota pleno yang membidangi pendidikan dasar dan menengah (dikdasmen), sekretaris majelis dikdasmen, Ketua Cabang Muhammadiyah Bandar Agung, bersama unsur pleno dan majelis lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala SD Muhammadiyah Sang Surya, Arif Hidayatullah, menyampaikan bahwa SD Muhammadiyah Sang Surya telah memasuki tahun kelima sejak didirikan. “Keinginan kami adalah menyiapkan sistem tata kepegawaian dan penggajian yang baik. Instrumen ini perlu dipenuhi agar sekolah menjadi lebih baik, salah satunya dengan merumuskan aturan pokok kepegawaian,” ungkapnya.

Arif menambahkan, untuk mengantisipasi dampak dari adanya guru yang diterima menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), perlu diambil langkah agar SD Muhammadiyah Sang Surya mampu menjawab tantangan tersebut. “Kami berharap aturan pokok ini menjadi blueprint amal usaha Muhammadiyah di Tulang Bawang,” tambahnya.

Sementara itu, Ihwan, dalam sambutannya, menjelaskan bahwa aturan yang dirumuskan oleh SD Muhammadiyah Metro Pusat mengacu pada peraturan Aparatur Sipil Negara (ASN), meskipun tidak sama persis. “Agar institusi kita memiliki aturan yang mengikat, perlu dibuat jenjang golongan sesuai dengan ijazah dan masa kerja, serta aturan penerimaan pegawai, gaji pokok, dan tunjangan,” jelas Kepala Sekolah yang pernah meraih juara 3 tingkat nasional ini.

Ia menekankan pentingnya kesepahaman bersama dalam merumuskan aturan ini. “Aturan ini harus dirumuskan dan dibahas bersama agar semua pihak dapat memahami dan melaksanakan dengan baik. Oleh karena itu, perlu adanya tim perumus,” tutup Ihwan.

Ketua PDM Kabupaten Tulang Bawang, Hi. Mulyadi, dalam sambutannya menegaskan bahwa menjadi guru Muhammadiyah harus total dan sungguh-sungguh dalam mengemban amanah. “Menjadi seorang guru Muhammadiyah tidak boleh hanya sekadar menjadi batu loncatan,” tegasnya.

Mulyadi juga menyampaikan terima kasih kepada Tim SD Muhammadiyah Metro Pusat yang telah mendampingi SD Muhammadiyah Sang Surya. “Terima kasih kepada Pak Ihwan dan tim. SD Muhammadiyah Sang Surya sejak awal berdirinya merujuk kepada SD Muhammadiyah Metro Pusat,” ungkapnya.

Di hadapan pimpinan cabang, majelis dikdasmen, dan segenap tim perumus, Mulyadi berharap SD Muhammadiyah Sang Surya dapat tumbuh dan berkembang semakin pesat. “Hari ini, tim bisa belajar. Mudah-mudahan SD Muhammadiyah Sang Surya bisa seperti SD Muhammadiyah Metro Pusat,” pungkasnya. (IMS)