RAGAM  

Ternyata Gerakan Menanam Pohon LLHPB Aisyiyah Terinspirasi dari Hadist Ini

LLHPB Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Tuban

WARTAMU.ID, Tuban (Jawa Timur) – Dalam sebuah hadits disebutkan, “Tidaklah seorang Muslim menanam tanaman lalu dimakan oleh manusia maupun binatang, akan dicatat sebagai sedekah pada hari kiamat”.

Hal tersebut merupakan bunyi hadits riwayat Muslim yang dikutib oleh Lilik Muyasaraoh (ketua tim pelaksana program) saat memulai sambutannya pada launching penanaman pohon dan sayur dengan sisitim pola asuh, diselenggarakan oleh LLHPB Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Tuban, Ahad (28/11/2021).

LLHPB Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Tuban

Dia juga mengutip hadits Nabi lain yang berbunyi “Jika terjadi hari kiamat, sementara di tangan salah seorang di antara kalian ada sebuah bibit atau tunas, jika mampu sebelum kiamat terjadi, maka tanamlah.”

Lilik menuturkan bahwa penanaman pohon tidak hanya dilakukan oleh lembaga pendidikan ‘Aisyiyah saja, tetapi juga Muhammadiyah yang ada di Kabupaten Tuban.

“1.500 bibit pohon kami tanam. Baik oleh ‘Aisyiyah maupun Muhammadiyah. Bibit-bibit ini kami dapatkan dari Dinas Lingkungan hidup, Dinas Pertanian dan Mangrove Center Tuban. Terimakasih untuk semuanya.”tuturnya.

“Di Tuban, kami juga bekerja sama dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah melalui Lazismu, Aisyiyah yaitu LLHPB, Majelis Dikdasmen dan Majelis Kesos. Terimakasih atas support dari PDM melalui amal usaha Majelis Ekonomi lewat Pak Abdul Halim.” imbuhnya.

Selanjtunya kata dia, kegiatan tersebut merupakan program dari Lembaga Lingkungan Hdiup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah bekerja sama dengan Lazismu.

“Ini keberkahan bagi kami, karena Tuban masuk di antara empat daerah yang menjadi pilihan Pimpinan Wilayah ‘Aisyiyah Jawa Timur untuk melaksanakan program ini.”tandasnya.

LLHPB Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Tuban

Lilik juga berterimakasih kepada Pimpinan Wilyaha ‘Aisyiyah Jawa Timur yang telah hadir dan selalu mensuport kegiatan ‘Aisyiyah Tuban.

“Inilah kemampuan yang bisa kami berikan kepada Muhammadiyah, ‘Aisyiyah dan masyarakat Tuban. Sebagai manusia, tentu masih ada kekurangan di sana-sini, tetapi kami punya azam (tekad yang kuat) untuk memberikan yang terbaik dalam kehidupan ini.”tutupnya.

Launching program penanaman pohon dengan sistim pola asuh untuk kelentigan keluarga diadakan di Lembaga Pendidikan Muhammadiyah Cendoro, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban.

Pada kesempatan itu juga diadakan pelantikan LLHPB Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Tuban dengan ketua pertamanya bernama Emira Jamilah. (Iwan Abdul Gani)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *