RAGAM  

Workshop & Training Of Trainners Program Aku Suka “Isi Piringku” Sekolah Dasar SD/MI di Kabupaten Klaten

Workshop & Training of Trainer “Program Aku Suka Isi Piringku Sekolah Dasar bertempat di SD Muhammadiyah Tonggalan

WARTAMU.ID, Klaten MPKU bekerjasama dengna Majelis Dikdasmen PNF PP Muhammadiyah dan Danone Indonesia menyelenggarakan Workshop & Training of Trainer “Program Aku Suka Isi Piringku Sekolah Dasar bertempat di SD Muhammadiyah Tonggalan, Klaten pada Kamis, 25/07/2023.

Dihadiri oleh Tim Pelaksana Program Kesehatan Masyarakat Majelis Pembinaan Kesehatan Umum (MPKU) PP Muhammadiyah, Didin Sahidin, MKM., Lia K. Saraswati, M.Kes., M. Iqbal Nurmansyah, M.Sc. dan Supriyanto, Perkwailan PT. Danone Indonesia Ibu Endah Prasetioningtias, Ketua MPKU PDM Klaten Bpk. Saifudin Zuhri, SKP. M.Kes., Dinkes Kab. Klaten Ibu Siti Nur Hayati, S.Gz., Ketua PDM Kabupaten Klaten Bpk. H. Suhud Eko Yuwono, M.Hum., dan Ketua Majelis Dikdasmen PDM Kabupaten Klaten Bpk. Drs. H. Agus Salim, M.Ag.

Ketua PDM Kabupaten Klaten pada sambutannya meyampaikan bahwa kegiatan ini dapat menjadi inspirasi untuk memperbaiki Jiwa Bangsa Indonesia terutama di daerah Klaten. Ditekankan oleh Ketua Majelis Dikdasmen PDM Klaten, Muhammadiyah telah berupaya untuk memberikan layanan bagi umat pada setiap siklus hidup manusia.

Ibu Endah Prasetyoningtyas selaku Stakeholder and Compliance Manager Danone Indonesia menyampaikan kesehatan bumi dan kesehatan masyarakat saling terkait. Danone Indonesia menggendeng PP Muhamamdiyah, sebagai salah organisasi terbesar di Indonesia yang memiliki kesamaan visi dengan Danone, menyelenggarakan program ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia melalui upaya peningkatan gizi dan pencegahan stunting.

Workshop & Training of Trainer “Program Aku Suka Isi Piringku Sekolah Dasar bertempat di SD Muhammadiyah Tonggalan

Perwakilan Dinas Kesehatan Kab. Klaten, menyambut hangat program Aku Suka Isi Piringku.  Isi Piringku merupakan pengganti slogan 4 sehat 5 sempurna. Isi Piringku menggambarkan porsi satu piring yang mencakup kandungan gizi yang diperlukan untuk anak-anak. Dengan program ini, diharapkan anak- anak memiliki pola makan yang sehat dan seimbang.

Perwakilan MPKU PP Muhammadiyah menyampaikan sukacita dan apresiasi dengan terlaksananya Workshop dan ToT di Kabupaten Klaten dengan panitia 17 kepala sekolah SD/MI Muhamamdiyah/ Aisyah. Pelatihan bekerjasama dengan Danone ini diharapkan dapat memberi manfaat dan menjadi stimulan upaya berkelanjutan program kesehatan di sekolah. Program ini salah satu wujud komitmen peran Muhammadiyah untuk berkontribusi bersama Danone Indonesia dan Pemerintah dalam menuntaskan  permasalahan stunting di Indonesia.

Kegiatan ini terdiri dari beberapa kegiatan. Kolaborasi Tim MPKU PP Muhammadiyah dan Universitas Muhamamdiyah Klaten (UMKLA) membagi kegiatan menjadi dua kelas yaitu kelas guru dan orang tua dan kelas siswaAgenda Guru dan Orang Tua didahului dengan Permainan dan perkenalan membangun suasana semangat, Penyelenggaraan Sekolah Sehat, Senam, Gizi Anak Sekolah Dasar, Pelatihan Komunikasi Antar Pribadi, Role Play, Penyusunan RTL, dan pengerjaan Pre/Post-test. Agenda untuk siswa juga tidak kalah seru dimulai dari pembagian kelompok, perkenalan untuk membangun suasana, mencocokkan isi piringku, pembuatan dan penampilan berbagai permainan seperti ular tangga gizi, menyanyikan lagu isi piringku – Danone, 6 langkah cuci tangan, aku tahu aku siap, dan pengerjaan pre-post test .

Kegiatan ini diikuti 102 peserta yang terdiri dari 34 guru, 34 orang tua siswa dan 34 siswa yang berasal dari 17 SD/MI Muhamamdiyah/Aisyiyah di Klaten. Usai kegiatan ini, para siswa, guru, dan orang tua diharapkan menjadi ambassador fastabiqul khairot berbagi praktek baik untuk kebaikan bersama sebagai sosok kader Muhamamdiyah yang mencerahkan terutama dalam upaya peningkatan gizi dan pencegahan stunting.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *