DAERAH  

AGPAII Lampung Utara Kordinasi Persiapan Pelatihan Jurnalistik

Persiapan Pelatihan Jurnalistik

WARTAMU.ID, Bandar Lampung – Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam seluruh Indonesia (AGPAII) Kabupaten Lampung Utara, PGRI Lampung Utara bekerjasama dengan DPW AGPAII Lampung, Melalui Zoom Meeting mengadakan koordinasi persiapan Pelatihan Jurnalistik dengan tema “Gerakan Menulis Moderasi Beragama di Sekolah”, Senin, (13/09/2021).

Sebanyak 16 peserta dari perwakilan PGRI Lampung Utara, AGPAII Lampung Utara dan AGPAII Provinsi Lampung sangat antusias untuk mengikuti kegiatan tersebut, meliputi: pelatihan Jurnalistik, pembuatan buku, serta puisi.

Kegiatan Koordinasi Pelatihan Jurnalistik tersebut dibuka oleh Ketua AGPAII Lampung Utara Rohmadi Dalam sambutannya beliau mengapresiasi kegiatan Pelatihan Jurnalistik atas kolaborasi PGRI Lampung Utara, AGPAII Lampung Utara dan AGPAII Provinsi Lampung.

“Saya berharap dengan adanya Pelatihan Jurnalistik para peserta dapat memahami dunia jurnalistik mengembangkan materi tersebut dalam bentuk karya ilmiah yang dapat dipublikasikan di sejumlah media” jelasnya.

Lain halnya dengan Ketua AGPAII Provinsi Lampung H. Zainal Abidin, M.Pd.I Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa guru agama harus mampu mampu mengcounter berita-berita hoax, dengan mengembangan diri dalam dunia jurnalistik, terutama dalam penulisan berita. Bukan hanya menulis buku.

“Saya berharap dengan terselenggaranya acara ini, Guru Pendidikan Agama Islam semakin mahir menulis berita, memiliki kemampuan literasi digital dan wawasan jurnalistik di era informasi seperti sekarang ini,” ujarnya. Selain itu dia berharap agar peserta pelatihan nantinya dapat menjadi kontributor berita di web DPP dan DPW AGPAII.

“PGRI dan AGPAII berkolaborasi telah menggelar Pelatihan Jurnalistik untuk para guru. Kemudian sudah di laksanakan Kota Metro, Lampung Selatan, Bandar Lampung dan Lampung Utara dari 15 Kabupaten dan kota, melalui roadshow webinar, ungkap Zainal.

Wagiman dari media Sinarlampung.co selaku pemateri mengatakan Jurnalistik mencakup kegiatan dari peliputan sampai kepada penyebarannya kepada masyarakat. Sebelumnya, jurnalistik dalam pengertian sempit disebut juga dengan publikasi secara cetak. Dewasa ini pengertian tersebut tidak hanya sebatas melalui media cetak seperti surat kabar, majalah, dsb., namun meluas menjadi media elektronik seperti radio atau televisi. Berdasarkan media yang digunakan meliputi jurnalistik cetak (print journalism), elektronik (electronic journalism). Akhir-akhir ini juga telah berkembang jurnalistik secara tersambung (online journalism).”pungkasnya.

Sementara Pemateri Pelatihan Jurnalistik yang di sampaikan oleh Wagiman, SE Lulusan Wartawan Madya PWI DKI dan beliau seorang Pimpinan Perusahaan Sinarlampung.co, Maya Trisia Wardani tentang penulisan buku dan dilanjutkan dengan pemateri, DR. Makhrus Ali. M. Pd., Dra. Zuriati.M. Pd.I, Damsi, S.Pd.

Acara yang dihadiri Ketua AGPAII Provinsi Lampung H. Zainal Abidin, S. Pd, M.Pd.I Sekretaris Nurhayati, M.Pd, Ketua AGPAII Lampung Utara Rohmadi,
dan para peserta dari AGPAII serta para pengurus. (edwar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *