RAGAM  

Arti Syafakillah, Syafakallah, Syafahallah dan Doa-Doa Perlindungan dari Penyakit dan Musibah

Ilustrasi (Pixabay)

WARTAMU.ID, Hikmah – Tak jarang sebagai manusia, kita maupun orang di sekitar kita akan mengalami sakit. Ketika sakit banyak orang akan menjenguk atau sekadar mendoakan. Menjenguk orang sakit juga merupakan adab yang diajarkan dalam islam. Sehingga bagi sesama muslim kita harus menjenguk teman maupun keluarga kita yang sakit. Dikutip dari merdeka.com

Ketika menjenguk orang yang sakit, kita dianjurkan untuk turut mendoakannya supaya lekas membaik, hal tersebut juga bisa memberi semangat dan kekuatan bagi orang yang sedang sakit beserta keluarganya.

Kemudian, kerap sekali kita mendengarkan orang mengucapkan syafakillah maupun syafakallah. Kedua kata tersebut merupakan sebuah doa supaya orang yang sakit diberikan kesembuhan oleh Allah SWT.

Namun sebenarnya ada penggunaan lebih khusus untuk penggunaan kedua kata tersebut sehingga maksud dan apa yang dilakukan supaya lebih selaras. Berikut arti Syafakillah, Syafakallah, Syafahallah dan masing-masing penggunaannya yang benar:

Doa yang Diucapkan Ketika Mengunjungi Orang Sakit

Dilansir dari Quotes of Islam, berikut arti masing-masing kata tersebut:

1. شفاك الله (Syafakallah) artinya “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu (lelaki).” Kata tersebut digunakan jika kita mengucapkan kepada satu orang berjenis kelamin laki-laki.

2. شفاك الله (Syafakillah) artinya “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadamu (perempuan).” Kata tersebut digunakan jika kita mengucapkan kepada satu orang berjenis kelamin perempuan.

3. شفاكم الله (Syafakumullah) artinya “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepada kalian (lelaki).” Kata tersebut digunakan jika kita mengucapkan kepada lebih dari dua orang berjenis kelamin laki-laki.

4. شفاه الله (Syafahullah) artinya “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadanya (lelaki).” Kata tersebut digunakan jika kita mengucapkan kepada seseorang berjenis kelamin laki-laki yang keberadaannya jauh dari kita.

5. شفاها الله (Syafahallah) artinya “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepadanya (perempuan).” Kata tersebut digunakan jika kita mengucapkan kepada seseorang berjenis kelamin perempuan yang keberadaannya jauh dari kita.

6. شفاهم الله (Syafahumullah) artinya “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepada mereka (lelaki).” Kata tersebut digunakan jika kita mengucapkan kepada orang berjenis kelamin laki-laki yang jumlahnya amat banyak.

7. شفاهن الله (Syafahunnallah) artinya “Semoga Allah memberikan kesembuhan kepada mereka (perempuan).” Kata tersebut digunakan jika kita mengucapkan kepada orang berjenis kelamin perempuan yang jumlahnya amat banyak.

Doa-Doa Perlindungan dari Penyakit dan Musibah

Selain ucapan pendek tersebut, berikut ada pula doa-doa yang bisa dilafalkan untuk meminta perlindungan dari penyakit dan musibah:

  • Doa untuk Perlindungan dari Penyakit

Doa ini untuk perlindungan dari penyakit yang harus menjadi doa kita terus-menerus saat ini dan itu membawa pengingat penting bahwa perlindungan kita selalu ada pada Allah (SWT):

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْبَرَصِ ، وَالْجُنُونِ ، وَالْجُذَامِ ، وَمِنْ سَيِّئِ الأَسْقَامِ

Allah humma inni a’udhu bika minal-barasi, wal-jununi, wal-judhaami, wa min sayyi’il-asqaami

“Ya Allah, aku mencari perlindungan padamu dari kusta, kegilaan, kaki gajah, dan penyakit terburuk.”

[Abu Dawud]

  • Doa karena meninggalkan rumah

Banyak dari kita mungkin takut meninggalkan rumah pada saat ini, tetapi Nabi Muhammad (ﷺ) berkata, “Siapa pun yang mengatakan setelah meninggalkan rumahnya:

بِسْمِ اللّٰهِ ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللّٰهِ ، وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللّٰهِ

Bismillaahi, tawakkaltu ‘alallaahi, wa laa hawla wa laa quwwata illaa billaah

“Atas nama Allah, aku telah menaruh kepercayaanku pada Allah; tidak ada kekuatan dan kekuatan kecuali oleh Allah.”

akan dikatakan kepadanya: “Kamu dibimbing, dibela, dan dilindungi.”

Iblis akan pergi jauh darinya.”

[Abu Dawud]

  • Doa untuk Perlindungan Terhadap Bencana

Doa ini untuk perlindungan terhadap bencana adalah permohonan yang kuat kepada Allah (SWT) untuk membantu dan menyelamatkan kita dari setiap krisis, namun tak terduga:

اللهم احفظني من بين يدي, ومن خلفي, وعن يميني, وعن شمالي ومن فوقي, وأعوذ بعظمتك أن أغتال من تحتي

Allah humma’h fathny min bayne yaday wa min khalfi, wa’an yameeny wa ‘yang shimaly, wa min fawqi, wa a’uthu bi’ athamatika dan ughtala min tahty

“Ya Allah, lindungi aku dari depanku, di belakangku, dari kanan dan kiriku, dan dari atasku, dan aku berlindung pada Yang Mulia agar tidak disadari dari bawah.”

[Ibn Majah]

  • Doa untuk Penyakit

Tentu saja, ketika kita sakit, kita harus mencari perhatian medis – tetapi kita juga dapat berdoa kepada Allah (SWT) untuk membantu pemulihan kita. Diriwayatkan bahwa Aisyah (saw) mengatakan bahwa ketika ada di antara mereka yang sakit, Nabi (ﷺ) biasa menggosok daerah yang sakit dan melafalkan doa berikut untuk perlindungan:

اللَّهُمَّ ربَّ النَّاسِ ، أَذْهِب الْبَأسَ ، واشْفِ ، أَنْتَ الشَّافي لا شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ ، ِ ِ ءً َ َ َ َ ِ

Allah humma Rabban-naas, adhhibil-ba, washfi antash-Shaafi laa shifaa’a illaa shifaa’uka shifaa’an laa yughaadiru saqamaa

“Ya Allah, Tuhan umat manusia, singkirkan penderitaanku. Sembuhkanlah (saya) karena Engkaulah satu-satunya Penyembuh dan tidak ada obat kecuali milik Anda, itu adalah yang tidak meninggalkan penyakit ”

[Bukhari]

  • Doa Karena Takut dan Cemas

Jika Anda merasa cemas atau khawatir, itu benar-benar normal dalam keadaan ini. Dan ucapkan doa berikut:

اللَّهُمَّ اكْفِنِيهِمْ بِماَ شِئْتَ

Allah hummak-fineeyhim bi maa shi’ta

“Ya Allah, cukuplah (yaitu, lindungi) aku terhadap mereka bagaimanapun keinginanmu.”

[Muslim]

  • Doa untuk Perlindungan Keluarga dari Setiap Kejahatan

Diriwayatkan bahwa Nabi (ﷺ) biasa mengatakan doa berikut untuk perlindungan al-Hasan dan al-Husain (cucu lelakinya). Ini adalah doa yang indah untuk melindungi anggota keluarga, terutama anak-anak terkasih kita:

أَعُوذُ بِكلِمَاتِ الله التّامّاتِ مِن شَرّ مَا خَلَقَ

A’udhu bi kalimaa ti-llaahi taam-maati min sharri ma khalaq

“Aku mencari perlindungan dalam kata-kata sempurna Allah dari setiap kejahatan yang telah diciptakan.”

[Muslim]

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *