Forum Global for Climate Movement: Muhammadiyah’s Call to Action for a Greener Future

Forum Global for Climate Movement: Promoting Green Culture, Innovation, and Cooperation, yang berlangsung di Universitas Ahmad Dahlan (UAD)

WARTAMU.ID, Pada Sabtu (18/11), Forum Global for Climate Movement: Promoting Green Culture, Innovation, and Cooperation, yang berlangsung di Universitas Ahmad Dahlan (UAD), Yogyakarta, berhasil menutup rangkaian kegiatan dengan menghasilkan Seruan Aksi (A Call to Action: Promoting Green Culture, Innovation, and Cooperation). Pertemuan selama dua hari ini juga menandai peluncuran Muhammadiyah Climate Center, sebagai langkah kontribusi Muhammadiyah dalam upaya global penanganan perubahan iklim.

Seruan Aksi yang dihasilkan menyatukan pandangan dari berbagai pihak ke dalam komitmen kerja sama nyata dalam empat area strategis. Area tersebut mencakup pembangunan budaya hijau, inovasi dalam ketahanan iklim, strategi, inisiatif, serta kerangka hukum dan pendanaan untuk adaptasi, dan pendekatan kolaboratif untuk masa depan yang hijau.

Beberapa poin dalam Seruan Aksi mencakup praktik ramah lingkungan berbasis ajaran keyakinan, penggunaan teknologi hemat energi dan berkelanjutan di berbagai institusi seperti sekolah, kampus, rumah sakit, dan layanan kesehatan. Selain itu, Seruan Aksi juga mengajak untuk mengintegrasikan mekanisme pendanaan berkelanjutan, serta memperkuat kemitraan, kolaborasi, dan pertukaran praktik baik dengan berbagai pihak, termasuk akademisi, dalam berbagai inisiatif perubahan iklim.

Menutup Forum Global, Syafiq A. Mughni, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang membidangi Hubungan dan Kerjasama Internasional, menyampaikan bahwa forum ini memberikan inspirasi, pengetahuan, dan motivasi untuk melakukan aksi nyata dalam membangun gerakan menyelamatkan planet bumi dari kerusakan. Ia menyoroti tiga garis besar pembicaraan dalam forum, yaitu budaya hijau, inovasi, dan kolaborasi.

“Kami mendiskusikan upaya-upaya untuk merubah perilaku masyarakat, membangun kesadaran untuk bersama-sama menyelamatkan planet bumi tempat kita hidup bersama,” ucap Syafiq. Terkait inovasi, ia menekankan perlunya inovasi di berbagai bidang, termasuk dalam membangun struktur masyarakat, teknologi, dan ilmu pengetahuan untuk membuat energi lebih berkelanjutan, aman, dan bersih. Syafiq juga menegaskan pentingnya kolaborasi dengan berbagai lembaga yang memiliki tujuan serupa untuk memperkuat gerakan ini.

Dalam konteks ini, Direktur Jenderal Amerika dan Eropa, Duta Besar Umar Hadi, yang mewakili Kementerian Luar Negeri, menekankan urgensi aksi-aksi nyata yang berkelanjutan untuk mengatasi tantangan iklim. Umar Hadi menggarisbawahi kontribusi Indonesia melalui pembentukan Muhammadiyah Climate Center dan upaya mengurangi laju deforestasi. Ia juga menyoroti perlunya keterlibatan semua pihak, mulai dari pemerintah, organisasi internasional, lembaga swadaya masyarakat, swasta, hingga lembaga keagamaan dan komunitas lokal.

Hening Parlan, selaku Ketua Panitia, menyampaikan rasa terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kegiatan ini, termasuk Kementerian Luar Negeri RI, UAD sebagai tuan rumah, ViriyaENB, LAZISMU, BRGM, BSI, dan seluruh peserta. Ia menekankan bahwa Forum Global ini telah menghasilkan berbagai komitmen dan ide-ide penting, yang akan terus didukung dan dilaksanakan pasca forum, termasuk inisiatif seperti Green Campus dan Green Hospital.

Abdul Mu’ti, Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, merinci rencana kegiatan pasca forum, yang mencakup penguatan inisiatif untuk membangun gerakan pelestarian lingkungan dan penanggulangan perubahan iklim melalui Green Campus, Green Hospital, dan berbagai program berbasis masyarakat. UAD diharapkan akan menjadi inspirasi Green Campus di seluruh kampus Muhammadiyah, sementara Muhammadiyah juga akan aktif dalam pengembangan model Green Hospital yang ramah lingkungan.

Rangkaian acara ini sejalan dengan tema Milad Muhammadiyah ke-111, “Ikhtiar Melestarikan Semesta,” dan menjadi upaya Muhammadiyah untuk terus berikhtiar menjaga kelestarian alam dan bumi sebagai tempat tinggal yang nyaman untuk semua.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *