TECHNO  

Gratis ! Cara Membuat Tugas di Google Classroom, Guru Wajib Tahu!

WARTAMU.ID, Techno – Dimasa pandemic seperti sekarang ini, Google Classroom menjadi salah satu alternative platform belajar online/daring yang dapat digunakan di tengah berjalannya kebijakan belajar di rumah yang saat ini masih diterapkan di beberapa daerah. Website cervice ini gratis, sehingga Tidak ada biaya yang perlu dikeluarkan oleh pengguna atau user.

Terdapat beberapa fitur yang dapat diakses oleh pengguna Google Classroom. Pengguna dapat classroom baru atau bergabung dengan classroom yang sudah ada dengan menggunakan kode kelas.

Pengguna juga bisa upload atau download file di googleclasroom yang terintegrasi dengan Google Drive.

Selain itu, pengguna juga dapat membuat jadwal pelajaran di google classroom pada menu calender.

Jika anda merupakan seorang pengajar atau guru, kegiatan yang akan cukup sering anda lakukan ialah membuat tugas.

Adapun langkah-langkah membuat google classroom adalah sebagai berikut :

1. Bagi anda yang sudah memiliki akun google silahkan anda pilih menu google apps, kemudian pilih menu classroom, seperti tampilan gambar di bawah ini.

2. Jika belum membuat classroom, klik simbol + di kanan atas. Anda dapat memberi nama kelas dan beberapa informasi tambahan lainnya.

3. Setelah masuk pada halaman classroom anda, klik menu classwork

4. Kemudian klik menu create di bagian kiri atas dan akan muncul beberapa menu, yakni assignment, quiz assignment, question, material, dan reuse post.

5. Pilih menu assignment. Pada halaman assignment, anda dapat membuat judul tugas dan instruksi yang ingin anda sampaikan.

6. Pada bagian kanan halaman assignment, anda juga dapat mengatur beberapa pengaturan tambahan, seperti menambah kategori nilai, tanggal pengumpulan tugas, rubrik, dan topik penugasan.

7. Anda dapat mengunggah file penugasan dari device anda maupun dari Google Drive dengan memilih menu add. Selain itu, anda juga dapat menyertakan link tautan maupun video yang terintegrasi dengan Youtube atau media lain.

8. Setelah semua langkah-langkah diatas selesai anda langsung dapat membagikan classroom yang telah anda buat dengan cara mebagikan link tautan classroom anda dengan menu class code kepada siswa atau audiens anda.

9. Kemudian siswa atau audiens anda akan langsung di arahkan ke classroom yang telah anda buat dan langsung dapat mengerjakan tugas atau materi yang telah anda buat.

10. Setelah anda selesai dengan tugas pertama ini, anda juga dapat membuat tugas baru lainnya dengan memilih menu + create di halaman assignment tersebut.


Anda dapat mengatur kapan penugasan tersebut dapat dilihat oleh para siswa atau audiens lainnya. Jika kegiatan membuat tugas anda belum selesai, anda dapat menyimpan tugas tersebut sebagai draft.

Demikianlah tadi cara membuat google classroom bagi guru atau tenaga pendidik lainya.

Semoga bermanfaat selamat mencoba!

Download Artikel : https://drive.google.com/file/d/1CDd5E8eVMgmXOsmSStSps8kQeiwF7-wz/view

 

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *