RAGAM  

Gubernur Lampung Hadiri Pengajian Akbar di Kota Metro dan Berikan Sejumlah Bantuan

Dalam sambutannya, Gubernur Arinal Djunaidi mengungkapkan rasa syukur dan bangganya atas kemajuan yang telah dicapai oleh Kota Metro.

WARTAMU.ID, Metro, Senin (10/06/2024) – Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, didampingi Walikota Metro Wahdi Siradjuddin, menghadiri pengajian akbar di Masjid Taqwa Kota Metro. Acara ini merupakan bagian dari upaya mempererat silaturahmi antara pemerintah dan masyarakat serta mendukung berbagai program pembangunan di Kota Metro.

Dalam sambutannya, Gubernur Arinal Djunaidi mengungkapkan rasa syukur dan bangganya atas kemajuan yang telah dicapai oleh Kota Metro. Gubernur mengenang masa karirnya sebagai PNS di Metro sebelum menjabat sebagai Gubernur Lampung, dan menyatakan bahwa pengalaman tersebut memberikan wawasan mendalam tentang potensi besar kota ini. “Pengalaman berharga tersebut memberikan saya wawasan mendalam tentang potensi besar yang dimiliki oleh kota ini. Saya melihat langsung semangat, kegigihan, dan kerja keras warga Metro dalam membangun kota mereka menjadi lebih baik. Kenangan itu selalu menginspirasi saya dalam setiap langkah yang saya ambil sebagai Gubernur,” ujar Gubernur.

Gubernur Arinal Djunaidi juga memuji kemajuan pesat dalam pembangunan infrastruktur, peningkatan kualitas pendidikan sehingga Kota Metro dikenal sebagai kota pendidikan, serta pengembangan sektor ekonomi dan kewirausahaan yang mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. “Namun demikian, kemajuan yang dicapai tidak hanya dilihat dari aspek fisik saja. Kemajuan yang sesungguhnya adalah ketika masyarakat, khususnya warga Kota Metro, memiliki kualitas hidup yang baik, berakhlak mulia, dan memiliki iman yang kuat,” tambah Gubernur.

Gubernur mengajak semua masyarakat dan stakeholder Kota Metro untuk terus menjaga nilai-nilai kebersamaan, kejujuran, dan gotong royong sebagai fondasi utama guna membangun masyarakat yang harmonis dan berdaya saing. Pemerintah Provinsi Lampung berkomitmen untuk terus mendukung program-program yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Arinal Djunaidi memberikan sejumlah bantuan, antara lain:

  1. Bantuan Infrastruktur senilai Rp. 3.308 milyar untuk rehabilitasi jalan akses Terminal Mulyojati Kota Metro;
  2. Restocking benih ikan Jelabat 5.000 dan ikan Baung 10.000;
  3. Bantuan benih ikan lele 30.000 ekor, pakan untuk benih ikan 240 kg, untuk 2 kelompok pembudidaya ikan;
  4. Operasi pasar: beras murah (Kuota per-OP 5-10 ton/1000-2000 kantong, isi 5 kg/kantong), minyak, tepung, gula;
  5. Bantuan hibah peralatan/mesin untuk kelompok IKM sejumlah 5 unit;
  6. Penyerahan bantuan masjid (Safari Ramadan) Rp. 30 juta;
  7. Penyerahan sertifikasi halal UMKM;
  8. Bantuan bank sampah: motor roda 3;
  9. Metro (Bantuan B2SA);
  10. Bantuan vaksin penyakit mulut dan kuku sebanyak 1.600 dosis dan BOP vaksinasi PMK Rp. 17.625.000, bantuan straw/semen beku 1.400 dosis;
  11. Bantuan alat olahraga sepak bola;
  12. Bantuan sembako 50 paket.

Selain itu, untuk peningkatan kesejahteraan petani, Pemerintah Provinsi Lampung menandatangani kesepakatan kerja sama penyaluran pupuk non-subsidi melalui Bumdes langsung dari PT. Pusri Palembang.

Gubernur Arinal Djunaidi berharap berbagai bantuan ini dapat mendukung program pembangunan Pemerintah Kota Metro dan memajukan kesejahteraan masyarakat. “Saya percaya bahwa dengan kerja sama yang solid, kita dapat mencapai kemajuan yang berkelanjutan dan merata di seluruh wilayah,” tutup Gubernur.

Walikota Metro Wahdi Siradjuddin menyampaikan ucapan selamat datang kepada Gubernur Lampung dan berharap kehadiran beliau bes

erta jajaran dapat memberikan semangat bagi masyarakat dalam berkolaborasi membangun Kota Metro. “Semoga kehadiran beliau beserta jajaran di tempat ini memberikan semangat bagi kita semua dalam berkolaborasi dan bekerja sama untuk membangun Kota Metro yang kita cintai ini secara khususnya dan Provinsi Lampung,” ujar Walikota Metro.

Kegiatan pengajian akbar ini merupakan kerja sama antara Pemerintah Provinsi Lampung dan Pemerintah Kota Metro. Walikota Metro berharap pengajian ini memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Acara pengajian akbar ini menghadirkan penceramah Ustadz H. Mirza Pahlevi, S.AG, M.AG, dengan tema ceramah meningkatkan keimanan dan ketakwaan untuk mewujudkan masyarakat Lampung yang harmonis dan religius.

Acara ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antara pemerintah dan masyarakat, serta mendukung upaya pembangunan berkelanjutan di Kota Metro dan Provinsi Lampung. Dengan semangat kebersamaan dan kerja keras, diharapkan Kota Metro dapat terus berkembang menjadi kota yang lebih maju, sejahtera, dan berdaya saing tinggi.