RAGAM  

Kembali Hidupkan Sebagian Lahan Greenhouse Terbengkalai di Desa Tegalgondo dengan Tanaman Hias dan Toga oleh PMM Kelompok 50 Gelombang 3

Kembali Hidupkan Sebagian Lahan Greenhouse Terbengkalai di Desa Tegalgondo dengan Tanaman Hias dan Toga oleh PMM Kelompok 50 Gelombang 3

WARTAMU.ID, Malang – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang melaksanakan Program Pengabdian pada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di Desa Tegalgondo Jalan Notojoyo, Tegalgondo, Kec. Karang Ploso, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Kegiatan pendampingan ini merupakan kegiatan di bawah naungan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang. Dosen Pembimbing (DPL) kita yaitu, Bapak Zainal Arifin, SE., MSi., Jumat (16/02/2024)

Program Pengabdian pada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 50 Gelombang 3

Disini kami terdiri dari 5 anggota yaitu, Andika Surya Pratama sebagai koordinator, Ajeng Ayu Lestari Lesmana (Humas), Zahira Eka Putri (Sekretaris), Alvina Dwi Cahyani (Bendahara), Moh Fairuz Akmal (PDD). Sebuah inisiatif yang menginspirasi datang dari kita para mahasiswa Program Pengabdian Masyarakat (PMM) Universitas Muhammdiyah Malang, yang telah bergerak untuk memanfaatkan lahan greenhouse yang terbengkalai di Desa Tegalgondo. Tanaman liar yang sebelumnya merajalela di lahan tersebut, kini digantikan dengan tanaman toga yang memiliki manfaat kesehatan, tanaman hias untuk mempercantik lingkungan.

Dengan semangat gotong royong dan kepedulian terhadap lingkungan, kita para mahasiswa PMM bergotong-royong membersihkan dan menata ulang sebagian lahan greenhouse yang terbengkalai. Mereka melihat potensi besar dalam lahan tersebut untuk dikembangkan menjadi area yang produktif dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

“Kami melihat bahwa lahan yang tadinya terbengkalai ini sebenarnya memiliki potensi yang sangat besar. Dengan sedikit sentuhan dan kerja keras, kami yakin dapat menghidupkannya kembali dan memberikan manfaat bagi masyarakat Desa Tegalgondo,” ujar Ahmad, salah seorang mahasiswa PMM yang terlibat dalam proyek ini.

Program Pengabdian pada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Kelompok 50 Gelombang 3

Proses revitalisasi lahan tidak hanya melibatkan penanaman tanaman toga, tetapi juga penanaman hias sebagai langkah untuk melestarikan keanekaragaman hayati. Tanaman-tanaman ini dipilih dengan cermat untuk memastikan bahwa lahan yang tadinya terbengkalai dapat memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat sekitar, baik dari segi ekonomi maupun lingkungan.

Menyadari pentingnya peran pendidikan dalam memberdayakan masyarakat, para mahasiswa PMM juga melakukan sosialisasi tentang pentingnya merawat tanaman. Kami berharap agar kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat secara langsung, tetapi juga mendorong kesadaran akan pentingnya pelestarian lingkungan dan keanekaragaman hayati.

Kegiatan ini juga mendapat apresiasi dari perangkat desa dan masyarakat setempat yang sangat antusias dengan transformasi yang terjadi di lahan greenhouse yang sebelumnya terbengkalai tersebut. Mereka berharap agar inisiatif semacam ini dapat terus berlanjut dan menjadi contoh bagi desa-desa lain dalam memanfaatkan potensi lokal untuk kesejahteraan bersama.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *