DAERAH  

KKL dan PPL Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UMC Bagian dari Implementasi Keilmuan

KKL dan PPL Prodi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir UMC Bagian dari Implementasi Keilmuan

WARTAMU.ID, Cirebon (Jawa Barat) – Program Studi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Universitas Muhammadiyah Cirebon (IAT UMC) melaksanakan program Kuliah Kerja Lapangan (KKL) dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL). KKL dan PPL dilaksanakan dibeda tempat. KKL ditujukan bagi mahasiswa akhir yang bertempat di Pondok pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Mustofa Garut selama 3 hari mulai dari rabu hingga jum’at, (1/3). Sementara itu PPL baru akan dimulai di awal bulan Ramadhan.

Siti Hajar selaku Koordinator Program mengungkapkan bahwa KKL merupakan kegiatan penunjang pengembangan materi kuliah atau keilmuan prodi yang sering disebut sebagai kegiatan kokurikuler yang diatur oleh masing-masing prodi. “Kegiatan tersebut dilakukan oleh mahasiswa di bawah bimbingan dosen pembimbing”. Ungkap Hajar

KKL dan PPL Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir UMC Bagian dari Implementasi Keilmuan

Ia menjelaskan lebih lanjut bahwa KKL bertujuan agar mahasiswa memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang berkenaan dengan penerapan konsep, teori, dan pengetahuan yang diperoleh di kelas. “Melalui KKL mahasiswa diharapkan tidak hanya menguasai pengetahuan secara teoretis saja tetapi dapat pula mengenal dan mengidentifikasi praktik penerapannya dalam bentuk aktivitas yang sesungguhnya”. Jelasnya

Sementara itu Dr. KH. Toto Santi Aji, M.Ag selaku Ketua Program Studi menegaskan bahwa KKL dan PPL telah menjadi program yang harus dilalui oleh para mahasiswa IAT. “Kegiatan PPL ini sebagai bentuk usaha untuk membekali mahasiswa agar siap menjadi lulusan yang kompeten di bidangnya dengan pengalaman yang didapatkan dalam berkecimpung di dunia profesi. Selain itu, kegiatan PPL ini memberikan wadah kepada mahasiswa untuk mengeksplore segala kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing individu dan mencoba mengimplemantsikan apa-apa yang telah didapatkan selama pendidikan di kampus”. Jelasnya.

Adapaun Penerjunan PPL dilaksanakan pada Kamis, (31/3) bertempat di Ma’had Daruttauhid Al-Ishlah Bobos, Cirebon. “Mahasiswa dibagi 2 kelompok dengan didampingi para Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) untuk masing-masing kelompok yang akan dilaksanakan selama 3 bulan, mulai bulan April hingga Juni”. Tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *