DAERAH  

Momen Wisuda, Rektor : UMKO Sebagai Universitas Teknopreunership Islami Yang Unggul Berbasis Kearifan Lokal Tahun 2038

Momen Wisuda, Rektor : UMKO Sebagai Universitas Teknopreunership Islami Yang Unggul Berbasis Kearifan Lokal Tahun 2038

WARTAMU.ID, Kotabumi – Sebanyak 331 alumni mengikuti proses Wisuda Universitas Muhammadiyah Kotabumi (UMKO) Kabupaten Lampung Utara. Yang terdiri atas 164 Sarjana Pendidikan, 157 Sarjana Hukum, 3 Sarjana Ilmu Komunikasi, 5 sarjana Pertanian, dan 2 Sarjana Peternakan. Kegiatan berlangsung di Lapangan UMKO, Rabu (7/6/2023).

Dalam sambutan, Rektor UMKO, Sumarno mengucapkan selamat kepada seluruh peserta wisuda, “Saya ucapan juga selamat kepada peserta wisuda atas penghargaan kepada wisudawan teladan UMKO yakni; Alfina Susanti, S.Pd. (Prodi PBSI) teladan I; Yusnia Tri Mulyani (Prodi PBSI) teladan II; dan Ayu Sri Endayani, S.Pd. (Prodi NTPT) teladan III.”

Selanjutnya, Sumarno, menyampaikan saat ini UMKO sedang merintis pendirian Prodi Magister Pendidikan Dasar (dalam proses penilaian di Kemenristekdikti) dan Prodi Informatika Medis (Penyiapan berkas ajuan).

“Dengan makin lengkap dan beragamnya program studi yang tersedia diharapkan dapat menjadi alternatif pilihan bagi lulusan SLTA yang berkeinginan kuliah di UMKO.” Katanya.

UMKO berkomitmen untuk menjadikan UMKO sebagai universitas teknopreunership Islami yang unggul berbasis kearifan lokal pada tahun 2038

Akademika UMKO berkomitmen untuk menjadikan UMKO sebagai universitas teknopreunership Islami yang unggul berbasis kearifan lokal pada tahun 2038. Untuk mencapai visi tersebut UMKO terus berupaya meningkatkan kuantitas dan kualitas dalam seluruh aspek pengelolaan pendidikan tinggi. Dari segi sarana dan prasarana untuk memberikan layanan yang optimal dan nyaman saat ini dalam proses penyelesaian bangunan Rektorat berlantai tiga yang akan menjadi pusat layanan terpadu tingkat universitas dalam waktu yang tidak lama juga akan dibangun Gedung Pascasarjana dan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer.

Dalam bidang akademik, UMKO senantiasa berpartisipasi aktif dalam mengikuti berbagai program dan kebijakan pemerintah. Dalam pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, misalnya, UMKO terlibat aktif setidaknya dalam empat program, yaitu (1) Kampus Mengajar, (2) Pertukaran mahasiswa dalam dan luar negeri, (3) Magang Bersertifikat, dan (4) Program praktisi masuk kampus dan dosen berkarya di DUDI. Saat ini juga sedang disiapkan program rekognisi pembelajaran lampau.

Sumarno, berpesan kepada seluruh Wisudan/i, untuk menjaga nama baik UMKO, “Keberhasilan Anda di masyarakat akan membawa nama harum lembaga ini, sebaliknya kegagalan Saudara, termasuk jika Saudara-saudara terlibat di dalam kasus-kasus yang merugikan daerah/ rakyat/Negara, nama UMKO juga akan terbawa-bawa pula. Tidak ada satu pun perguruan tinggi yang mengajarkan hal-hal yang bertentangan dengan kaidah kebaikan yang bersifat universal. Karena itu, nilai-nilai “kejujuran, kebenaran dan keadilan” seharusnya tertanam pada diri setiap lulusan. Sebagai pencerminan dari keluhuran budi, “kejujuran, kebenaran dan keadilan” apabila digabung dengan kemampuan ilmu pengetahuan, serta semangat pengabdian, sebagai wujud nilai kepahlawanan pada masa kini, Insyaallah akan menjadi kekuatan yang besar untuk membangun Indonesia pada umumnya dan Lampung Utara, khususnya, yang lebih baik lagi.”

Sementara dalam sambutan, Bupati Lampung Utara, Budi Utomo, mengucapkan selamat kepada Wisudawan dan Wisudawati yang telah menyelesaikan pendidikan.

“Semoga momentum ini dapat menjadi motivasi tersendiri dalam berjuang bersama almamater UMKO untuk semakin berperan aktif dalam mendukung pembangunan di Kabupaten Lampung Utara.” Harapan Bupati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *