DAERAH  

Momentum Mulia Idul Adha di Gayam, Sumenep: Pesan Ketaatan dan Kesabaran dalam Khotbah Ustadz Imran Rosyidi

Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Gayam menyelenggarakan pelaksanaan Shalat Idul Adha 1445 H di halaman SMA Muhammadiyah 4 Gayam

WARTAMU.ID, Sumenep, 17 Juni 2024 – Senin ini menjadi momen yang sangat mulia bagi kaum muslimin di Indonesia, termasuk warga persyarikatan Muhammadiyah di Kecamatan Gayam, Kepulauan Sapudi, Kabupaten Sumenep. Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Gayam menyelenggarakan pelaksanaan Shalat Idul Adha 1445 H di halaman SMA Muhammadiyah 4 Gayam.

Bertindak sebagai Imam Shalat Idul Adha 1445 H adalah Ustadz Syamsul Arifin, M.Pd, yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Tabligh PCM Gayam. Sementara, Ustadz Imran Rosyidi, Amd.Kep, Ketua PC Pemuda Muhammadiyah Gayam, bertugas sebagai khotib.

Dalam khotbahnya, Ustadz Imran Rosyidi menyampaikan pesan penting yang harus dipetik dari kisah kehidupan Nabi Ibrahim dan Ismail ‘alaihis salam. Ia menekankan bahwa inti dari iman bukan hanya terletak pada pengucapan dua kalimat syahadat, tetapi pada ketaatan dan kepatuhan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala tanpa syarat.

“Pelajaran penting dari Nabi Ibrahim dan Ismail adalah ketaatan tanpa tapi dan patuh tanpa syarat kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Syariat Allah tidak membutuhkan pembicaraan kita, tetapi bagaimana kita harus taat dan patuh supaya Allah memberikan kita surga. Surga tidak mungkin dilewati oleh orang-orang yang membangkang perintah Allah, tapi hanya bisa digapai oleh yang taat dan patuh kepada-Nya,” tegas Ustadz Imran.

Selain ketaatan, Ustadz Imran juga menggarisbawahi pentingnya kesabaran yang ditunjukkan oleh Nabi Ibrahim dalam menghadapi ayahnya, Azar. Ia mengingatkan bahwa dalam berdakwah kepada keluarga, harus penuh dengan kesabaran dan tidak kasar. “Hakikat dakwah bukan mengeluarkan orang dari surga, tetapi bagaimana memasukkan orang ke dalam surga,” ujarnya.

Pelaksanaan Shalat Idul Adha di PCM Gayam berlangsung khidmat dan penuh semangat, dengan dihadiri oleh ratusan jamaah yang memadati halaman SMA Muhammadiyah 4 Gayam. Kegiatan ini menjadi momentum berharga bagi warga Muhammadiyah di Kecamatan Gayam untuk memperkuat iman dan kebersamaan dalam menjalankan syariat Islam.