RAGAM  

MUHAMMADIYAH BERKEMAJUAN UNTUK NEGERI

Logo Milad 122 Tahun Muhammadiyah

Oleh : As’ad Bukhari, S.Sos., MA.
(Analis Kajian Islam Pembangunan dan kebijakan Publik)

WARTAMU.ID – Muhammadiyah sebagai Organisasi yang didirikan oleh KH Ahmad Dahlan memiliki kiprahnya yang sangat besar untuk negeri pertiwi yang tercinta ini. Dengan banyaknya Amal Usaha Muhammadiyah yang dimulai dan digerakkan oleh KH Ahmad Dahlan menjadikan semangat bagi penerus etafet Muhammadiyah yang terus Berkemajuan. Tujuannya adalah memberikan kebermanfaatan untuk ummat yang tiga aspek utamanya yakni pendidikan, kesehatan dan sosial.

Sejarah mencatat bahwa para tokoh Muhammadiyah banyak pula yang dijadikan gelar sebagai Pahlawan Nasional. Hal ini menandakan bahwa Muhammadiyah yang berkemajuan ini memanglah dipersembahkan untuk Negeri. Kontribusi seluruh warga Muhammadiyah baik dari Pimpinan sampai pada Simpatisan yang tergabung dalam Persyarikatan Muhammadiyah memiliki nilai keikhlasan, kemandirian, keberkahan, kebermanfaatan, kemaslahatan, kemajuan dan kebersamaan dalam kebahagiaan.

Muhammadiyah Berkemajuan Untuk Negeri bukan hanya sekedar simbol melainkan bukti yang sangat nyata dan otentik. Sehingga bagi Muhammadiyah yang terpenting adalah negeri ini begitu indah dengan semangat yang senantiasa menggerakkan, mencerahkan dan membahagiakan. Kini mulai bergerak untuk menentukan dan menata negeri ini dengan nilai pencerahan dan perubahan sesuai dengan konteks keislaman serta keindonesiaan.

Namun dalam hal ini, tidak berarti lepas dari segala halangan dan rintangan serta tantangan maupun berbagai macam hambatan. Hanya saja mampu dilalui dan dilewati dengan segala kemampuan ilmu pengetahuan. Sehingga segala sesuatunya dapat dipelajari dan ditemukan solusi praktis dan solusi strategis dalam menyelesaikan segala persoalan dan permasalahan. Karena apapun itu semua akan dikembalikan kepada Allah dengan Al Qur’an dan As Sunnah.

Tak kan pernah pudar sejarah kebangsaan dari Muhammadiyah, sebab Muhammadiyah yang justru lebih dulu lahir daripada bangsa Indonesia. Akan tetapi negeri yang tercinta ini akan senantiasa terjaga dan terlindungi dari sinar cerahnya Muhammadiyah.

Tidak mudah untuk terus memajukan negeri bila masyarakatnya masih ketertinggalan dalam segala aspek kehidupan. Apalagi banyak melakukan kegaduhan-kegaduhan yang hakikatnya tidak substantif bagi negeri ini. Justru kemungkinan bisa merugikan serta meretakkan negeri ini yang seharusnya dirawat dan dijaga kemudian setelah itu dimajukan dan dikembangkan. Maka tinggalkan segala sesuatu yang dapat mengancam keadilan, keharmonisan dan kedamaian negeri ini agar terus menjadi bangsa yang beradab, berbudaya dan beragama.

Tujuan dan cita-cita itu akan terus selalu ada sampai kapan pun demi masa depan Indonesia dan Muhammadiyah. Bergerak secara bersama dalam bingkai persatuan demi negeri yang berkemajuan. Karena pada akhirnya kebermanfaatan akan dirasakan oleh seluruhnya tanpa terkecuali. Sehingga kehidupan negeri ini semakin subur lagi makmur. Dan sudah sepantasnya untuk senatiasa bersyukur dan bertafakkur pada Allah Swt agar mendapatkan Ridho Nya bagi seluruh ummat tentunya.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *