DAERAH  

Muhammadiyah Bulukumba Aktif Bina 12 Cabang dan 115 Ranting, Fokus Kembangkan Persyarikatan

Syamsul Bakir Hamid

WARTAMU.ID, BULUKUMBA (23/05/2024) – Muhammadiyah Daerah Bulukumba saat ini membina 12 cabang serta 115 ranting, menjadikan organisasi ini sebagai kekuatan utama dalam menyebarkan dakwah dan mengembangkan persyarikatan di wilayah tersebut. Hal ini ditegaskan oleh Wakil Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Bulukumba Bidang Majelis Pemberdayaan Masyarakat; Majelis Pustaka dan Informasi, Lembaga Lazismu, Syamsul Bakir Hamid, pada Jumat, 23 Mei 2024.

Syamsul Bakir Hamid menjelaskan bahwa 12 cabang yang aktif saat ini meliputi Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Bulukumba Kota, PCM Gantarang, PCM Gantarang Raya, PCM Kindan, PCM Bonto Bahari, PCM Ujung Loe, PCM Bontotiro, PCM Herlang, PCM Bulukumpa, PCM Rilau Ale, PCM Kajang, dan PCM Kajang Dalam. Setiap cabang ini rutin mengadakan pengajian bulanan dan merealisasikan program kerja yang telah disepakati.

Saat ini, terdapat 115 ranting Muhammadiyah yang tersebar di desa dan kelurahan di Bulukumba, namun hanya sekitar 80 persen yang aktif berkegiatan. Syamsul Bakir mengakui bahwa tantangan terbesar PDM Bulukumba adalah mengaktifkan ranting-ranting yang pasif melalui kolaborasi dengan Angkatan Muda Muhammadiyah untuk menyediakan kader muda yang siap mengembangkan persyarikatan di lokasi-lokasi tersebut.

“Langkah kami selanjutnya adalah mengaktifkan ranting yang pasif dan melibatkan kader muda Muhammadiyah,” ujar Syamsul Bakir.

PDM Bulukumba juga bangga memiliki Universitas Muhammadiyah Bulukumba (UMB), yang merupakan peralihan dari STKIP Muhammadiyah Bulukumba. Banyak alumni UMB yang kini mengabdi sebagai guru dan profesi lainnya di berbagai instansi pemerintah dan swasta. Para alumni ini diharapkan dapat direkrut untuk menjadi pimpinan Muhammadiyah di tingkat cabang dan ranting.

Amal usaha Muhammadiyah di bidang pendidikan di Bulukumba meliputi SMA Muhammadiyah Bulukumba, Aliyah Muhammadiyah Bulukumba Kota, Aliyah Muhammadiyah Gantarang, SMK Keperawatan Bulukumba, dan Aliyah Muhammadiyah Palampang. Pada jenjang SLTP, terdapat SMP Muhammadiyah Bulukumba, Tsanawiyah Muhammadiyah Bulukumba, Tsanawiyah Muhammadiyah Gantarang, dan Tsanawiyah Palampang. Sedangkan pada jenjang pendidikan dasar, terdapat SD Muhammadiyah Bulukumba, SD Muhammadiyah Gantarang, dan SD Muhammadiyah Palampang. TK dan PAUD Muhammadiyah juga tersebar hampir di semua cabang.

Amal usaha di bidang sosial meliputi Panti Asuhan Aisyiyah Kota Bulukumba dan Balai Pengobatan Muhammadiyah Bulukumba. Selain itu, beberapa masjid Muhammadiyah yang ada di Bulukumba adalah Masjid Muhammadiyah Kota Bulukumba, Masjid Taqwa di Ponre, Masjid Muhammadiyah Laikang Kajang yang diresmikan oleh Buya Hamka, Masjid Muhammadiyah Buttakeke, dan Masjid Muhammadiyah Kajang Kota.

Syamsul Bakir Hamid lahir di Bantaeng pada 16 Maret 1958. Ia menjalani profesi wartawan di berbagai media termasuk Harian Tegas, Mingguan Bina Baru, dan Harian Berita Kota Makassar. Ia juga menjabat sebagai Direktur dan Pemimpin Redaksi Harian Radar Selatan sebelum menjadi Komisaris Radar Selatan. Syamsul mulai mengenal Muhammadiyah sejak tahun 1976 melalui Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) dan telah aktif dalam berbagai organisasi dan kepengurusan Muhammadiyah hingga kini menjabat sebagai pengurus PDM Bulukumba periode 2022-2027.

Dengan semangat kebersamaan dan dedikasi, Muhammadiyah Bulukumba terus berupaya mengembangkan dakwah dan amal usaha untuk memberikan manfaat nyata bagi masyarakat sekitar.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *