DAERAH  

Munaqosah dan Tasmi’ Jadi Program Unggulan Ponpes MBS Al Islam Tuban

Munaqosah dan Tasmi' PPMBS Al Islam Tuban

WARTAMU.ID, Tuban (Jawa Timur) – Pondok Pesantren Muhammadiyah Boarding School (PPMBS) Al Islam yang terletak di Kecamatan Bancar Kabupaten Tuban menggelar munaqosah dan tasmi’. Kegiatan tersebut dimulai Senin 13 Desember sampai dengan Kamis 16 Desember 2021.

Zainal selaku wakil mudir mengutarakan munaqosah dan tasmi’ merupakan kegiatan rutin persemestar. “Para santri yang kami bina diharuskan mengikutinya. Ini merupakan salah satu program unggulan kami,”ucapnya

Munaqosah dan Tasmi’ PPMBS Al Islam Tuban

Zainal menyampaikan kegiatan ini selain evaluasi, juga melatih mental santrinya dalam menghadapi ujian lainnya.

“Bagi santri yang berhasil mengikuti ujian tersebut, merekapun berhak melanjutkan ke jenjang berikutnya,”tandasnya.

Dia menuturkan bahwa, santri yang berada di MBS Bancar tidak hanya dari daerah Tuban, dari luar bahkan dari luar Jawa Timur.

“Contohnya Lana. Santri ini berasal dari Kalimantan Selatan tepatnya dari Desa Sei Sandung, Kecamatan Sungai Pandan, Kabupaten Hulu,”tuturnya.

“Selain Lana, santri PPMBS Al-Islam juga ada yang dari luar propinsi dan luar kabupaten. Ada yg dari Kebumen Jawa Tengah dari Madiun Jawa Timur. Kami berharap dari luar Jawa banyak yang mondok di sini,”imbuhnya.

Munaqosah dan Tasmi’ PPMBS Al Islam Tuban

Dia berpesan agar para santri terus meningkatkan ilmu Al-Qur’an hafalannya melalui muroja’ah dan terus bersemangat untuk melanjutkan hafalan juz berikutnya.

“Ketelatenan dan kesabaran dalam membaca al-qur’an berulang-ulang merupakan kunci dalam menghafal dan menyetorkan hafalan tiap hari”ujarnya.

Zainal berharap melalui munaqosah dapat menambah semangat semua santrinya dalam menghafal Al Qur’an sesuai target yang dicanangkan di pesantren, tentu sesuai dengan kaidah yang benar. (Iwan Abdul Gani)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *