DAERAH  

Optimis Lakukan Kuliah Tatap Muka, UMSU Sambut 4.387 Mahasiswa Baru

Mendikbud Ristek dan Ketum PP Muhammadiyah Hadiri PKKMB UMSU

WARTAMU.ID, Medan – Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Prof. Dr. Agussani MAP menyambut  kehadiran 4.387 mahasiswa baru tahun akademi 2021/2022 di Kampus UMSU, Senin (27/9) melalui program PKKMB ( Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru). 4.387 mahasiswa itu hadir di ruang zoom meeting sementara Rektor, Wakil Rektor I, II, III, Ketua BPH, Dekan dan Wakil Dekan dari 8 Fakultas hadir di studio mini UMSU di Kampus Pascasarjana, Jalan Denai, Medan.

Penyambutan 4.387 mahasiswa baru itu ditandai dengan suasana pandemi covid19 yang semakin melandai. Khususnya di Sumatera Utara dan Kota Medan, angka kasus suspec baru dan kematian akibat covid19 terus melandai. Diharapkan dalam waktu dekat pandemi akan berubah menjadi endemi, sehingga proses perkuliahan tatap muka dapat kembali berlangsung.

Mendikbud Ristek dan Ketum PP Muhammadiyah Hadiri PKKMB UMSU

Rektor UMSU Prof. Agussani kepada ‘ Suara Muhammadiyah ‘ menegaskan, UMSU sudah menyiapkan beberapa opsi yang dilakukan dalam menjawab kebutuhan mahasiswa dalam proses perkuliahan. Kata Agussani, pihaknya menunggu regulasi dari pemerintah seperti Satgas Covid19 dan LLDIKTI Wilayah I Sumatera Utara tentang kebijakan proses kuliah tatap muka.

Dijelaskan Rektor beberapa opsi yang disusun seperti kombinasi antara  belajar offline dan online atau kombinasi antara mahasiswa lama dan baru untuk masuk ke ruang belajar. ” Seluruh opsi yang dipilih adalah yang terbaik untuk mahasiswa.” kata Agussani.

Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara menyampaikan rasa syukurnya atas jumlah mahasiswa baru UMSU yang tahun ini mencapai 4.387 orang. Tentu saja jumlah itu menjadi bukti kepercayaan masyarakat kepada UMSU. Sementara banyak kampus di Sumatera Utara yang mengalami kesulitan untuk mendapatkan mahasiswa baru, UMSU tetap survive dengan jumlah yang lebih banyak bila dibandng dengan sebelum pandemi.

Proses PKKMB tahun akademi 2021/2022 akan berlangsung selama 4 hari. Senin (27/9) kemarin acara serimonial utama dimana seluruh mahasiswa baru hadir di ruang zoom yang sama. sedangkan pada Selasa (28/9) mahasiswa hadir di Fakultas masing-masing. UMSU memiliki 8 fakultas. Diharapkan seluruh mahasiswa baru akan mendapatkan pembekalan dari fakultas tentang proses belajar di fakultas masing-masing. PKKMB di fakultas juga dijadikan forum pengenalan dengan dekan, wakil dekan dan ketua program studi di tiap fakultas.

Sementara untuk Rabu dan Kamis (29-30/9) akan berlangsung program masya ta’aruf ( MASTA ) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah se-Kampus UMSU.

Pembukaan PKKMB tahun 2021 ditandai dengan penyematan jas almamater dan selempang penanda status mahasiswa baru UMSU kepada dua mahasiswa baru, yakni Ikhsan ( mahasiswa berprestasi pada kejuaraan nasional Bulutangkis di Palembang) dan Cherly Mersilly ( nahasuswa berprestasi pada kejuaraan nasional shorinji kempo pada PON ke 19 di Kalimantan.

Kegiatan PPKMB tahun 2021 ditandai dengan arahan dari Rektor UMSU Prof. Agussani yang menjelaskan seputar kampus UMSU mulai dari tenaga pendidik, sarana dan prasarana, prestasi-prestasi mahasiswa sampai status akreditasi institusi, fakultas dan program studi yang ada.

Arahan lainnya disampaikan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim dan Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir. (Syaifulh)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *