RAGAM  

Para Pencinta Kopi, Berikut Istilah-istilah yang Berguna dan Perlu Diketahui (1)

Ilustrasi Pixabay

WARTAMU.ID, Ragam – Pernah gak sih kalau sedang berada di kedai kopi, kita mendengar barista atau ‘pendekar-pendekar’ kopi asyik ngobrol tapi ada kata-kata yang asing dan tidak kita mengerti seputar kopi? Berikut istilah dan sinonim kata dalam dunia kopi yang wajib diketahui untuk pecinta kopi. Dikutip dari mlipir.republika.co.id

Acidity: Tingkat keasaman kopi. Biasanya kata ini muncul untuk menjelaskan karakter rasa dalam kopi

Aeropress: Alat untuk menyeduh kopi berbentuk seperti suntikan dan terdiri dari tabung serta alat penekan (plunger).

Affogato: Minuman yang dibuat dengan campuran segelas espresso dan satu scop es krim

Americano: Minuman yang dibuat dengan cara menuangkan air panas pada segelas espresso. Minuman ini mirip kopi tubruk tapi tanpa ampas.

Arabica: Salah satu varietas utama tanaman kopi. Arabica merupakan varietas kopi yang paling banyak dikonsumsi masyarakat dunia atau mencapai 70 persen lebih.

Balance: kata yang digunakan untuk menggambarkan atau menjelaskan rasa kopi yang seimbang baik tingkat keasaman, kepahitan, manis hingga rasa-rasa lain yang muncul.

Barista: Orang yang menyeduh dan menyiapkan kopi secara profesional

Black Eye: Menu minuman yang diracuk dengan cara mencampur segelas kopi pour over dengan dua shot espresso.

Blade Grinder: jenis penggiling kopi yang menggunakan mata pisau pipih (seperti blender).

Blend: istilah untuk menggambarkan kopi yang terdiri dari dua atau lebih biji kopi berbeda yang dicampur menjadi satu

Body: kata yang digunakan untuk menggambarkan tingkat kekentalan kopi saat kita minum, seperti tebal atau tipis saat terasa di dalam mulut.

Burr Grinder: jenis penggiling kopi yang menggunakan mata pisau seperti pirami yang biasa terbuat dari besi atau keramik.

Cafe Au Lait: Jenis minuman kopi campuran yang terdiri dari sepertiga espresso atau kopi dan dua pertiga frothed milk.

Cappuccino: jenis minuman yang terdiri dari espresso, steam milk dan milk foam dalam jumlah yang sama

Chaff: kulit biji kopi yang tipis, yang terbawa selama pemanggangan. Menyebabkan rasa pahit dan tidak diinginkan pada kopi jadi.

Chemex: alat untuk menyeduh kopi berbentuk tabung kaca. Chemex membutuhkan filter berupa kerta atau kain, dan bisa menghasilkan kopi yang bersih.

Clever Coffee Dripper: alat menyeduh kopi seperti V60. Namun, pada dripper ini punya penyumbat pada bagian bawah yang bisa kita atur kapan dibuka dan ditutup. Hasil seduhan dengan dripper ini bisa lebih tebal atau tipis tergantung selera kita.

Cold Brew: Minuman yang dibuat dengan menuangkan air dingin pada bubuk kopi, dan didiamkan selama 12-24 jam. Cold brew menghasilkan kopi dengan karakter rasa yang lembut dan tidak pahit.

Complexity: kata yang digunakan untuk menggambarkan karakter dan note rasa yang beragam dari secangkir kopi. Semakin banyak rasa yang berbeda untuk dibedakan, semakin kompleks kopinya.

Crema: buih atau foam yang berada di atas espresso berwarna coklat pekat. Krema dihasilkan dari minyak dan zat gula yang terekstrak dari biji kopi.

Cupping: Proses yang sering digunakan oleh para profesional kopi untuk mencicipi dan membandingkan beberapa kopi atau beberapa profil sangrai dari kopi yang sama.

Referensi: coffeeaffection.com

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *