DAERAH  

PGRI dan AGPAII Kota Metro Belajar Tentang Jurnalistik

PGRI dan AGPAII Kota Metro Belajar Tentang Jurnalistik

WARTAMU.ID, Metro -Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Asosiasi Guru Pendidikan Agama Islam Indonesia (AGPAII) Kota Metro menggelar Web Seminar (Webinar) pengenalan Jurnalistik dan Tata cara membuat berita, pada Jum’at (13/08/2021). Webinar yang mengambil tema ‘Teknik Pembuatan Berita.

Webinar ini menghadirkan pembicara yang berkompeten di bidangnya, yakni Wagiman, SE Lulusan Wartawan Madya PWI DKI dan beliau seorang wartawan Sinarlampung.co.

Joko Widodo selaku Ketua PGRI Kota Metro dalam sambutannya mengapresiasi Program kerja ini sangat bagus dan di perlukan oleh seorang guru untuk penambahan ilmu. Harapan kita guru bisa menghasilkan karya jurnalistik atau karya ilmiah yang akan di terbitkan oleh media, Ucapnya.

Joko Widodo sangat besar harapannya kepada para peserta Mudah mudahan nanti ada wadah yang bisa di gunakan untuk gagasan dan tata cara menulis buku melalui pelatihan Jurnalistik ini, untuk sumbangsih lewat kiat- kiat karya para guru harus yang di sosialisasikan. Dan Saya yakin para guru kota Metro bisa membuat buku yang ada ISBNnya untuk bisa di nilai, Ujarnya.

Ketua AGPAII Provinsi Lampung Drs. Zainal Abidin, menegaskan kepada peserta Webinar, bahwa, kegiatan ini akan berlanjut sampai tanggal 18 Agustus Pukul 9.30 Wib hingga Pukul 12.00 Wib,  khusus untuk Pelatihan Guru Agama menulis Jurnalistik.

PGRI dan AGPAII Kota Metro Belajar Tentang Jurnalistik

“Khusus untuk Guru Agama tanggal 18 Agustus adalah latihan menulis Jurnalistik yang akan di bimbing atau Pemateri  Wagiman SE. Manfaatkanlah kesempatan ini dengan sebaik baiknya untuk mendapatkan ilmu dari Narasumber”, tegas Zainal.

yang juga sebagai keynote speaker menyampaikan apresiasinya kepada narasumber dan seluruh peserta serta berharap melalui webinar ini dapat menghasilkan hal yang positif dan bermanfaat bagi seluruh peserta.

“Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada narasumber yang sudah bersedia memberikan informasi dan pengetahuan kepada kita semua,” kata Zainal.

Pada materi pertama yang disampaikan oleh Wagiman, dijelaskan Sementara itu, materi Jurnalistik yang disampaikan bahwa dalam konteks jurnalistik,  yang baik dan benar tentu perlu di perhatikan. Sebab berita  yang pada nantinya dimuat di media massa akan memiliki peran yang sangat penting sehingga menjadi sumber informasi untuk masyarakat.

Berita sendiri merupakan informasi baru mengenai suatu hal yang sedang terjadi, biasanya berita akan dibuat mengikuti dengan peristiwa-peristiwa hangat yang sedang menjadi perbincangan publik atau banyak orang. Wartawan merupakan sosok pelapor atau pembuat berita, sebagai seorang wartawan tentu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan tidak boleh asal-asalan ketika sedang membuat sebuah berita.

PGRI dan AGPAII Kota Metro Belajar Tentang Jurnalistik

Untuk memulai dari awal pembuatan jurnalistik ini harus ada kemauan untuk menulis dan inovasi terbaru supaya akan menjadi sebuah berita yang layak di terbitkan, Harapan Wagiman.

Di masa pandemi, lanjut wagiman jurnalis bisa saja bekerja secara online atau virtual, misalnya mewawancarai narasumber melalui whatsapp, video call, zoom meeting, google meet, atau wawancara melalui skype. Namun, tentu saja tidak semua liputan berita bisa ditangani secara virtual atau dilakukan dari rumah.

“Di tengah situasi pandemi corona, aktivitas jurnalis bertemu narasumber dikurangi dan tidak sedikit dari narasumber yang bersedia diwawancarai secara online, dalam penyampaian tentang jurnalistik” ungkapnya.

Acara yang dihadiri oleh Zainal Abidin Selaku Ketua AGPAII Lampung, Nurhayati Sekretaris AGPAII Lampung, Joko Widodo Ketua PGRI Kota Metro, Deddy Ardiansyah sekretaris PGRI Kota Metro, Muhammad Jamaludin Ketua AGPAII Kota Metro, serta para pengurus dan guru se Kota Metro.
(diah)

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *