RAGAM  

PMM Kelompok 54 Gelombang 6 UMM Membuat Taman Kecil agar Anak Anak Pondok Pesantren Yatim Al Ikhsan Mahabbatur Rosul, Sadar akan Pentingnya Ruang Hijau

WARTAMU.ID, Malang – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang melaksanakan Program Pengabdian pada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di Pondok Pesantren Yatim Al Ikhsan Mahabbatur Rosul Jalan Simp. Ranugrati No. 37 Selatan, Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur. Kegiatan pendampingan ini merupakan kegiatan di bawah naungan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang Dosen Pembimbing (DPL) kita yaitu, Bapak Yaris Adhial Fajrin, S.H.,M.H

Disini kami terdiri dari 5 anggota yaitu, Sakila Kurniarahman sebagai Koordinator, Eka Pratiwi Putri A.P (Bendahara), Gerzo Yoyuando (Sekretaris), Rizky Muhafid (Dokumentasi), Miftahul Hidayat (PDD). Kegiatan ini dapat menjadikan pembelajaran dan pengalaman yang berharga dan mengasyikkan. Sebelum memulai kegiatan membuat taman kecil, penting bagi anak anak pondok memahami betapa pentingnya Ruang hijau.

Ruang hijau sangat penting untuk ada disekitar kita, karena Ruang hijau memiliki peran krusial dalam memperbaiki serta meningkatkan kualitas lingkungan. Tanaman yang ada pada Ruang hijau tidak hanya menyediakan oksigen yang kita hirup dan menyerap polusi udara, tetapi juga memberikan tempat untuk relaksasi dan rekreasi.

Kegiatan ini memerlukan persiapan bahan dan peralatan, seperti tanaman, air, tanah dan pot. Pertama tama kami mencari lokasi yang tepat dan baik untuk proses pembuatan taman kecil ini kemudian membagikan tanaman dan pot bunga kepada anak anak agar bisa memulai proses pembuatan taman. Setelah semua anak telah mendapat tanaman mereka masing masing, mereka mulai membuat taman dan meletakkan tanaman yang mereka miliki sesuai keinginan kemudian menyiram tanaman tersebut menggunakan siraman tanaman dari botol bekas yang telah anak anak pondok buat dengan bimbingan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang.

Pembuatan taman kecil untuk anak-anak di Pondok Pesantren Al Ikhsan Mahabbatur Rosul tidak hanya memberikan ruang untuk aktivitas fisik dan hiburan, tetapi juga memiliki manfaat yang mendalam bagi perkembangan mereka. Taman tersebut dapat menjadi tempat yang menarik untuk belajar tentang alam dan lingkungan, mengajarkan mereka nilai-nilai kebersihan dan konservasi, serta mempromosikan rasa tanggung jawab terhadap tanaman dan makhluk hidup lainnya. Selain itu, pembuatan taman tersebut juga dapat menjadi tempat untuk mengembangkan kreativitas, kecerdasan emosional, dan keterampilan sosial melalui kegiatan bermain dan berinteraksi dengan sesama anak-anak.

Dengan diberikannya kesempatan oleh Kepala Pondok Pesantren, kita memaksimalkan kegiatan ini untuk mengajarkan kepada anak anak. Dengan dilakukannya kegiatan ini kami berharap anak anak Pondok Pesantren Al Ikhsan Mahabbatur Rosul menjadi lebih paham tentang alam dan lingkungan.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *