RAGAM  

PMM Kelompok 54 Gelombang 6 UMM Mengajarkan Anak Anak Pondok Pesantren Yatim Al Ikhsan Mahabbatur Rosul bagaimana Tips dan Trick menjaga kebersihan

WARTAMU.ID, Malang – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang melaksanakan Program Pengabdian pada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) di Pondok Pesantren Yatim Al Ikhsan Mahabbatur Rosul Jalan Simp. Ranugrati No. 37 Selatan, Sawojajar, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Jawa Timur. Kegiatan pendampingan ini merupakan kegiatan di bawah naungan Direktorat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang Dosen Pembimbing (DPL) kita yaitu, Bapak Yaris Adhial Fajrin, S.H.,M.H

Disini kami terdiri dari 5 anggota yaitu, Sakila Kurniarahman sebagai Koordinator, Eka Pratiwi Putri A.P (Bendahara), Gerzo Yoyuando (Sekretaris), Rizky Muhafid (Dokumentasi), Miftahul Hidayat (PDD). Kegiatan ini dapat menjadikan pembelajaran dan pengalaman yang berharga dan mengasyikkan. Sebelum memulai kegiatan, penting bagi anak anak memahami apa itu menjaga kebersihan.

Menjaga kebersihan adalah praktik memelihara lingkungan agar bebas dari kotoran, penyakit, dan bau yang tidak sedap. Ini meliputi membersihkan dan merapikan ruangan, mencuci tangan secara teratur, membuang sampah pada tempatnya, serta menjaga kebersihan pribadi dan lingkungan sekitar. Menjaga kebersihan bukan hanya untuk kenyamanan visual, tetapi juga untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. Dengan mempraktikkan kebersihan, kita dapat mencegah penyebaran penyakit, meningkatkan produktivitas, dan menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman bagi semua orang.

Kegiatan ini memerlukan persiapan materi,peralatan, dan praktik langsung. seperti proyekyor, dan materi tentang bagaimana tips and trick menjaga kebersihan ini dibuat menjadi powerpoint. Langkah pertama kegiatan ini adalah mempresentasikan materi yang sudah dipersiapkan, kemudian mengadakan sesi tanya jawab dengan anak anak dan diakhiri dengan praktik langsung bagaimana cara menjaga kebersihan dengan contoh membuang sampah langsung pada tempatnya.

 Mengajarkan anak-anak Pondok Pesantren Yatim Al Ikhsan Mahabbatur Rosul tentang cara menjaga kebersihan adalah suatu kewajiban yang penting dalam membangun kesadaran akan pentingnya sanitasi dan kesehatan. Dalam pendekatan ini, kami akan menggabungkan aspek edukasi yang menarik dan mudah dipahami. Kami akan mendorong mereka untuk mencuci tangan secara teratur, membersihkan lingkungan sekitar, dan membuang sampah pada tempatnya. Dengan demikian, mereka akan memahami bahwa menjaga kebersihan bukan hanya tanggung jawab pribadi, tetapi juga kontribusi mereka dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan komunitas.

Dengan diberikannya kesempatan oleh Kepala Pondok Pesantren, kita memaksimalkan kegiatan ini untuk mengajarkan kepada anak anak. Dengan dilakukannya kegiatan ini kami berharap anak anak Pondok Pesantren Al Ikhsan Mahabbatur Rosul menjadi lebih paham tentang bagaimana cara menjaga kebersihan lingkungan.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *