Presiden Jokowi Luncurkan INA Digital: Solusi Terpadu Layanan Digital Pemerintah

Ilustrasi Presiden RI Jokowi Dodo

WARTAMU.ID, LAMSEL, Kalianda – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan Government Technology (GovTech) Indonesia yang bernama INA Digital di Istana Negara, Jakarta, Senin, 27 Mei 2024. Peluncuran ini turut disaksikan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Lampung Selatan, Anasrullah, yang didampingi oleh Kepala Bidang SPBE, Delfarizi, melalui siaran video zoom meeting dari Kantor Dinas Kominfo setempat.

Dari informasi yang dihimpun, peluncuran INA Digital bertujuan untuk menyediakan solusi terpadu bagi berbagai layanan digital pemerintah, termasuk portal nasional dan layanan terkait infrastruktur. Hal ini dianggap penting untuk meningkatkan daya saing Indonesia di kancah global.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas, dalam laporannya menyatakan bahwa INA Digital mencakup sembilan layanan prioritas. Layanan-layanan tersebut meliputi layanan kesehatan, pendidikan, bantuan sosial, identitas digital berbasis data kependudukan, layanan Satu Data Indonesia (SDI), transaksi keuangan, integrasi portal layanan, layanan aparatur negara, hingga SIM online.

“INA Digital ini berperan dalam upaya mendukung kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk membangun serta mengintegrasikan teknologi berkualitas demi menciptakan solusi layanan publik yang tepat guna, guna mengakselerasi transformasi digital yang berkelanjutan,” ujar Abdullah Azwar Anas.

Presiden Joko Widodo dalam arahannya berharap aplikasi INA Digital yang baru diluncurkan dapat menjadi tolak ukur kepuasan masyarakat, sehingga kehadiran birokrasi di tengah masyarakat dapat mempermudah dalam memberikan pelayanan publik.

“Saya titip kepada seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk bersama-sama melakukan integrasi dan interoperabilitas aplikasi serta data. Selain itu, ASN digitalnya juga harus dipersiapkan dan disosialisasikan, kemudian diperbaiki secara bertahap,” kata Jokowi.

Peluncuran INA Digital ini merupakan langkah konkret pemerintah dalam mendukung transformasi digital di Indonesia, dengan harapan bahwa layanan publik akan semakin efisien, efektif, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *