RAGAM  

Program Literasi Membaca Mahasiswa PMM UMM Kelompok 54 Gelombang 01 SDN Tlekung 02 Batu

PMM UMM Kelompok 54 gelombang 01

WARTAMU.ID, Malang – Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) menjadi wadah bagi para mahasiswa menyalurkan berbagai macam kegiatan positif pada masyarakat. PMM sendiri bertujuan untuk mengaplikasikan Hirilisasi hasil penelitian Universitas Muhammadiyah Malang. Dimana setiap mahasiswa/i akan melakukan pengabdian pada suatu tempat secara kelompok guna membuat program atau hasil nyata untuk membantu tempat yang ada selama 30 hari, seperti yang dilakukan kelompok 54 gelombang 01 yang anggotanya terdiri lima orang yaitu Muhammad Hajir, Bayu Aldi Saputra, Agnes Ayu Maharani Dyah Gayatri, Devi Aprilya Dinanthi dan Yayan Sulastriwati. Kegiatan PMM ini dibimbing oleh Dosen Lapangan Novendra Setyawan, ST.,MT.

Lanjut Muhammad Hajir, kegiatan PMM ini berawal dari observasi dan meminta izin kepada kepala sekolah SDN Tlekung 02 Batu, Ibu Sari Hartatik, S.Pd. Yang mana pada waktu itu kami diarahkan langsung menemui Bapak Nurul Mubin, S.Pd Selaku staff penanggung jawab. Dan kami langsung melakukan diskusi program yang akan dilakukan. Hingga Kelompok 54 menentukan program literasi membaca pada anak-anak disana mulai dari kelas satu hingga kelas enam SD, karena berdasarkan survei dan obseervasi yang telah dilakukan, dan juga beberapa program dari rekomendasi sekolah, Ucap Muhammad Hajir. Kegiatan berlanjut pada Senin (20/02/23) dilakukan pembukaan resmi bersama Bapak/Ibu Guru SDN Tlekung 02 Batu.

Lanjut Bayu Aldi Saputra, Setelah pembukaan, dilanjut dengan kegiatan pengenalan kepada siswa/i SD. Setelah itu, terjalan kegiatan kegiatan sesuai program berupa pengenalan Edukasi Bersosial Media Dan pemilahan sampah serta diseling dengan kegiatan berkreasi seperti berseni lukis dan melipat origami agar anak-anak tidak bosan selama kegiatan berlangsung. “Dalam seminggu, kegiatan dilakukan dari senin sampai jumat dengan kegiatan dikelas selama 90 menit. Kegiatan berlangsung selama 4 minggu dari 20 Februari 2023 sampai 20 Maret 2023. Selama kegiatan berlangsung cukup lancar ditambah dengan ke aktifan siswa/i yang bersemangat.” Ujar Bayu Aldi Saputra

Untuk kegiatan Literasi, anak-anak diberikan fasilitas membaca berupa rak buku yang mana akan diisi setiap harinya oleh pegawai perpustakaan di gazebo sekolah, dengan dilengkapi meja kursi yang nyaman, tiga jenis tempat sampah, dan majalah dinding guna membebaskan siswa/siswi melakukan proses edukasi tidak di ruangan tertutup saja, melainkan kami memberikan kebebasan dalam membaca literasi di ruang terbuka.

Kegiatan terakhir adalah penutupan dengan siswa/i dan dengan Kepala Sekolah dan guru disekolah, dimana dengan siswa/i dilakukan pemberian buku saku dan foto bersama. Sementara penutupan dengan Kepala Sekolah dan Guru di sekolah, kegiatan berupa kelompok 54 memberikan vendel kepada kepala sekolah sebagai kenang-kenangan. Tutup Muhammad Hajir

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *