DAERAH  

Ratusan Pengemudi Ambulance Muhammadiyah Sleman Bergabung dalam Pelatihan BHD ( Bantuan Hidup Dasar) Pemula di PKU Muhammadiyah Gamping

Pelatihan BHD ( Bantuan Hidup Dasar) Pemula di PKU Muhammadiyah Gamping

WARTAMU.ID, Sleman – Masjid Kyai Sujak di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, menjadi saksi dari antusiasme sekitar 100 pengemudi dan crew ambulance Muhammadiyah yang hadir pada Hari Ahad, 24 September 2023. Mereka berkumpul untuk mengikuti pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) untuk pemula yang diadakan oleh RS PKU Muhammadiyah Gamping.

Pelatihan yang dimulai pukul 08.00 tersebut diikuti oleh sekitar seratus pengemudi ambulance dari berbagai Titik Layanan Muhammadiyah Sleman. Mereka hadir dengan semangat tinggi untuk memperdalam pengetahuan dan keterampilan dalam memberikan pertolongan pertama di lapangan.

Menurut H. Darojat NA mewakili PDM Sleman dan selaku koordinator FORPAM (Forum Pengelolai Ambulance Muhammadiyah ) Sleman, pelatihan BHD ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan mereka kepada masyarakat. “Kami sering berada di garis depan dalam situasi darurat. Pelatihan ini akan membantu kami dalam memberikan pertolongan yang lebih efektif dan profesional,” ungkap Darojat.

Pelatihan BHD ( Bantuan Hidup Dasar) Pemula di PKU Muhammadiyah Gamping

Sementara Direkur RS PKU Gamping Dr. Faesol menyampaikan, “ sinergi dengan AmblanceMu harus senantiasa ditingkatkan dengan PKU Muhammadiyah Gamping dalam berkhidmat untuk kemanusiaan di Sleman “.

Acara pelatihan BHD pemula ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kompetensi para pengemudi ambulance Muhammadiyah

Sleman. Materi yang diajarkan meliputi teknik-teknik dasar BHD seperti CPR (Cardiopulmonary Resuscitation), penanganan luka, dan tindakan pertama pada kecelakaan.

dr. Puspitp, salah seorang dokter RS PKU Muhammadiyah Gamping yang menjadi instruktur dalam pelatihan ini, menjelaskan mengenai Sistem penanggulangan Gawat Darueat Terpadu, “Kami berharap para peserta dapat menguasai keterampilan BHD ini dengan baik sehingga dapat memberikan bantuan yang cepat dan tepat saat dibutuhkan.”

Sementara materi gawat darurat kekinian disampaikan oleh dr. Nugroho meliputi kasus digigit ular, patah tulang dll dilanjutkan praktek stabilisasi pasien serta restutitusi jantung pasien.

Selain itu ambulanceMU ditempelkan stiker one way di kaca belakang ambulanMu se Sleman dengan tujuan untuk sosialisasi dan sukses Syauqi Soeratno calon DPD RI dari Muhammadiyah DIY.

Pelatihan BHD pemula ini mendapatkan dukungan penuh dari RS PKU Muhammadiyah Gamping dan diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pengemudi ambulance dalam memberikan pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat Sleman.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *