DAERAH  

Ribuan Anak PAUD Meriahkan Pawai Karnaval HUT Ke-78 RI di Sukoharjo

Ribuan Anak PAUD Meriahkan Pawai Karnaval HUT Ke-78 RI di Sukoharjo

WARTAMU.ID, Pringsewu – Ribuan anak-anak Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dari RA, PAUD, dan IGTKI Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Pringsewu, Lampung, mengikuti pawai karnaval dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Republik Indonesia, Selasa, 15 Agustus 2023.

Pawai karnaval tersebut diikuti oleh 33 lembaga dengan 63 kendaraan yang berasal dari TK PAUD se Kecamatan Sukoharjo. Para peserta mengenakan pakaian yang beragam, mulai dari pakaian adat, pakaian profesi, hingga pakaian superhero.

Pawai Karnaval HUT Ke-78 RI di Sukoharjo

Aksi lucu dan menggemaskan dari anak-anak tersebut turut disaksikan oleh para masyarakat yang menonton di sepanjang rute pawai. Begitu pula para pejabat daerah di Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu yang tampak antusias menyapa anak-anak tersebut.

Camat Sukoharjo, Yuli Septikawati, S.Pd., M.M., mengatakan kegiatan ini merupakan media dan wadah bagi anak-anak untuk berkreasi. “Tadi kita lihat anak-anak betapa bergembira walaupun ada beberapa yang kecapekan, nangis, dan kepanasan. Tapi sebenarnya hal itu sangat-sangat menyenangkan,” ucap Yuli.

Pawai Karnaval HUT Ke-78 RI di Sukoharjo

Lanjut Yuli, kegiatan pawai karnaval TK PAUD ini juga akan disosialisasikan sehingga yang berasal dari kecamatan lain bisa ikut berpartisipasi. Hal ini berkaitan dengan anggaran, terutama perihal mobilisasi anak-anak TK PAUD yang juga membutuhkan biaya dan tanggung jawab.

“Nanti akan kita sosialisasikan dan kita juga perlu dukungan dari orang tua sehingga diharapkan semua TK PAUD yang ada di Kecamatan Sukoharjo ikut memeriahkan kegiatan pawai karnaval ini,” katanya.

Salah satu peserta yang mengikuti karnaval TK Dharma Wanita Persatuan Sukoharjo, Erna Trilitahati, mengatakan berterima kasih kepada panitia yang telah mengagendang kegiatan pawai karnaval untuk TK PAUD ini bisa dilaksanakan setiap 15 Agustus. Menurut Erna, hal itu perlu dibedakan dengan pawai karnaval yang umum supaya anak-anak TK PAUD tersebut tidak terlalu lama menunggu.

“Saya melihat tadi anak-anak tersebut sangat bahagia karena memang anak-anak TK PAUD ini suasananya adalah suasana bermain,” ungkapnya.

Pawai Karnaval HUT Ke-78 RI di Sukoharjo

Lain halnya dengan TK Handayani Sukoharjo 1, Sari, S.Pd., mengatakan kegiatan semacam ini juga bertujuan untuk menggalakkan semangat kemerdekaan sejak dini. “Jadi anak-anak kita di Kecamatan Sukoharjo harus semangat dan ceria semuanya dalam menyambut hari kemerdekaan,” imbuhnya.

Pawai karnaval tersebut berlangsung dengan lancar dan meriah. Para peserta dan masyarakat yang menonton tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut. Pawai karnaval tersebut ditutup dengan penampilan dari para siswa TK PAUD yang menampilkan berbagai macam kesenian tradisional.

Loading

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *