SDN2 Sidosari Natar menerima Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 Tahun 2021

  • Bagikan
Foto : Penyerahan Mahasiswa (Wagiman)

WARTAMU.ID, Natar – Sekolah Dasar Negeri 2 Sidosari, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan menerima mahasiswa Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Tahun 2021.
Penyerahan mahasiswa dilakukan oleh Dosen Pembimbing Lapangan Nurdin,M.Pd., dari Universitas Lampung. Rabu, (04/08/2021).

Hadir dalam acara tersebut Dra.Nurhayati Wakhidah, M.Pd.I selaku Kepala Sekolah, dewan guru SDN2 Sidosari serta enam mahasiswa peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Tahun 2021.

Dra.Nurhayati Wakhidah, M.Pd.I selaku Kepala Sekolah, dewan guru SDN2 Sidosari serta enam mahasiswa peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 2 Tahun 2021

Dra.Nurhayati Wakhidah, M.Pd.I pada acara penerimaan mahasiswa Program Kampus Mengajar menyampaikan ucapaan terimakasih kepada panitia Program Kampus Mengajar Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI atas terpilihnya sekolah ini menjadi tempat belajar bagi mahasiswa, Ucapnya.

Nurhayati memberikan orientasi singkat sebagai bekal mahasiswa dan Dosen Pembimbing Lapangaan dalam menyususn program kegiatan mahasiswa, Antara lain; selayang pandang SDN 2 Sidosari, keadaan Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, keadaan siswa, keadaan orang tua siswa, sosio kultural masyarakat sekitar sekolah, potensi sekolah, peluang dan tantangan.

Lebih lanjut Nurhayati memaparkan bahwa sekolah ini membangun budaya belajar dengan pendekatan humanistik, dimana semua orang saling memanusiakan orang lain. Posisi struktural/jabatan hanyalah sebagai alat untuk memenej Tupoksi. Semua orang dalam posisi apapun mempunya kelemahan dan kelebihan. Disekolah ini dibangun budaya saling asah asih asuh. Saling menguatkan potensi positif dan saling membantu meminimalisir kelemahan. Kritik saran yang bersifat membangun adalah hak setiap orang. Atasan maupun bawahan. Musyawarah sebagai wujud sikap demokrasi dikembangkan sejak dini dalam segala bidang.

Mengahiri sambutannya Nurhayati menekankan kepada mahasiswa dan guru untuk menjadikan pertemuan ini sebagai ajang silaturahim dan saling belajar, mempererat tali persaudaraan sesama makhluk dan meneguhkan rasa senasib seperjuangan sesama warga bangsa. Persaudaraan yang dibangun tidak hanya pada proses pembelajaran selama program kampus mengajar tetapi juga setelah program kegiatan berahir, Harapannya.

Sementara Nurdin,M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan memberikan apresiasi kepada keluarga besar SDN2 Sidosari yang secara hangat dan bersemangat menerima kehadiran mahasiswa dan program ini untuk saling sinergi meningkatkan kualitas pendidikan dan mencerdaskan anak bangsa. Nurdin memperkenalkaan mahasiswa peserta yang berjumlah 6 orang dari berbagai perguruan tinggi di Provinsi Lampung yaitu: Andi Tri Santoso (Universitas Teknokrat Indonesia), Amanda Ayuningtias (Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya), Emi Oktavian (Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya), Muhammad Akmal Sandi Rukmana (Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya), Surya Anugrah Pratama (Universitas Lampung), Yoani Gustanti (Universitas Teknokrat Indonesia).

Nurdin juga menyampaikan selama melaksanakan program ini mahasiswa dipersilahkan belajar bersama dan membantu dewan guru terutama dalam tiga hal; pendidikan literasi dan numerasi, adaptasi tehnologi informasi, menejemen pendidikan dan pengelolaan website sekolah serta kegiataan lainnya sesuai dengan program sekolah. Mengahiri sambutannya Nurdin berharap mahasiswa dapat melaksanakan tugas mulia ini mengkespresikan potensi diri sesuai disiplin ilmu yang ditekuni serta mengimplementasikan arahan dari panitia program dan narasumber yang telah diterima selama masa pembekalan program ini, Ujarnya.

Sementara Kordinator mahasiswa yang diwakili oleh Andi Tri Santoso menyampaikan ucapan terimakasih kepada keluarga besar SDN2 Sidosari atas sambutan akrabnya walau baru pertama bertemu serasa telah lama berjumpa. Andi memperkenalkan teman-teman secara spesifik mereka berlatar belakang diluar prodi PGSD; ada dari Program Studi Manajemen, Sastra Inggris, Sistem Informasi, Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris. Andi mewakili teman-temannya menyatakan siap membantu guru dalam bidang Literasi dan numerasi, adaptasi tehnologi serta manajemen sekolah. Karna keterbatasan kompetensi Andi berharap dewan guru dapat memberikan arahan kritik dan saran kepada mahasiswa agar dapat melaksanakan program ini sesuai visi misi sekolah.

Nurkhasanah, S.Pd., mewakili dewan guru kelas tinggi menyampaikan pemikirannya bahwa mahasiswa akan ditempatkan dikelas sesuai dengan kepebutuhan kelas tetapi secara umum semua mahasiswa akan belajar beberahal disekolah ini.

Nurhasanah memohon agar mahasiswa dengan latar belakang prodi Matematika dan Tehnologi Informasi dapat secara intens mendampingi kelas tinggi. Sementara yang memiliki latar belakang menejemen banyak membackup administrasi kantor dan administrasi kelas.

Hesti Apriani Parwati, S.Pd., guru kelas satu mewakili kelas rendah berharap mahasiswa dapat membantu orangtua/wali murid terutama dalam beradaptasi dengan tehnologi informasi. Karena pembelajaran daring selama ini terkendalaa oleh kompetensi orang tua dalam bidang IT disamping keterbatasan kepemilikan Android, keterbatasan kuota dan kurang stabilnya lalulintas signal di sekitar sekolah. Kilahnya.

Acara penyerahan mahasiswa diahiri dengan ramah tamah antara mahasiswa dan guru dilanjutkan diskusi mendalam untuk menentukan langkah-langkah dan menyususn program kolaborasi. Agar Program Kampus Mengaajar Angkataan 2 Tahun 2021 ini dapat terlaksanana sesuai dengan program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan serta program sekolah tempat mahasiswa mengembangkan lmunya. (wagiman)

 593 kali dilihat,  1 kali dilihat hari ini

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *