DAERAH  

Songsong Ramadhan dan Persari SDN 2 Sidosari Natar

SDN2 Sidosari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan

WARTAMU.ID, Lampung Selatan – Ramadhan tahun 1443 Hijriyah/2022 Masehi sudah diambang pintu. Ummat Islam seluruh dunia menyambut bulan suci dengan sukacita. Menyongsong bulan yang mulia bulan Tarbiyah untuk menggapai derajat Haqqa Tuqaatih/sebenar-benar Taqwa. SDN2 Sidosari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan turut mensyiarkan Ramadhan melalui kegiatan PERSARI (Perkemahan sehari) dan Songsong Ramadhan, 26/3. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 1 sampai dengan kelas 6. Bertujuan untuk membangkitkan semangat religius dan nasionalisme siswa. Kolaborasi kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dan Keagamaan, ucap Dra Nurhayati Wakhidah,M.Pd.I selaku Kepala sekolah dan Kamabigus.

SDN2 Sidosari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan

Hilda Dewi Anifa selaku Ketua Panitia  menyampaiakn bahwa Kelas 1 2 3 yang tergabung dalam kelompok SIAGA mengikuti kegiatan di pagi hari dengan materi kepramukaan, keagamaan (Puasa ramadhan), dan pengenalan lingkungan berjalan menyusuri kampung disekitar sekolah. Sementara  kelas 4,5,6  atau kelompok Penggalang mengikuti kegiatan dari pagi hingga petang,ucapnya.

Materi kegiatan untuk penggalang meliputi: Upacara, Baris Berbaris, Sejarah Pramuka, Kode Kehormatan, Pengenalan Sandi, Pionering, Giat Lapangan dan materi Keagamaan. Imbuhnya.

Materi  Keagamaan meliputi:  Rukun Islam, dasar hukum puasa, keutamaan bulan ramadhan, rukun puasa, syarat puasa, sunnah puasa, yang membatalkan puasa, shalat Tarawih, ucap Nurul Hamidah Divisi keagamaan kepada media.

Kegiatan materi pembelajaran dilaksanakan pagi hari sampai siang hari. Sore hari dilaksanakan haiking di sekitar sekolah. Menyusuri jalan desa, gang, jalan setapak dan pematang sawah, dipandu dengan tanda jejak yang telah dipasang oleh kakak pembina. Ada 4 POS yang harus dilalui oleh adik-adik penggalang. Setiap POS adik-adik melaksanakan tugas sesuai dengan yang diberikan kakak pembina. Imbuhnya.

SDN2 Sidosari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan

Sementara Sova Marwati sebagai Ketua divisi kegiatan dan Damhuri Adulah sebagi  KORLAP memaparkan kegiatan yang dilakukan pada setiap POS;

POS pertama adik-adik menyelesaikan sandi angka dan menjawab pertanyaan seputar materi yang telah disampaikan pada pagi sampai sianghari. Untuk mengetahui sejauhmana penguasaan adik-adik terhadap materi yang diterima dari kakak pembina. Praktek baris berbaris untuk melatih jiwa kepemimpinan kedisiplinan dan sikap tegas.

POS kedua menyelesaikan tugas pionering, membuat tandu sederhana. Bertujuan  melatih ketrampilan menggunakan tali temali. Untuk melihat sejauhmana penguasaan materi, ketelitian, semangat dan  kekompakan anggota regu dalam menyelesaikan persoalan. Dapat melakukan  pertolongan pertama secara sederhana dan cepat jika terjadi  kecelakaan dan dalam keadaan darurat.

POS ketiga menyelesaikan tugas penguatan indera penciuman. Bertujuan memperkenalkan Ciptaan Yang Maha Kuasa, kekayaan alam Indonesia dan manfaatnya. Peserta menebak bau benda/bumbu dapur: Jahe-kunyit-jeruk-lengkuas, kencur, untuk melatih inderaa penciuman membedakan bau benda yang satu dengan yang lain serta dapat menceritakan kegunaan   tanaman tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Pada ahirnya dapat mencintai lingkungan sebagai pengamalan Dasa Darma Pramuka. Juga menyadarkan adik-adik untuk selalu bersyukur atas karunia Allah berupa alat indera pencium, satu hidung dapat mencium bermacam-macam bau.

POS keempat menerima tantangan ujian mental dan fisik, melakukan instruksi  kakak pembina, merayap dibawah tali, uji indera pengecap dengan merasakan air rasa manis asin asam pahit dalam keadaan mata tertutup rapat. Bertujuan mengenalkan fungsi lidah, berbagai rasa pengecap,melatih ketajaman indera perasa pada lidah, mendidikkan karakter menghargai dan menghormati makana mau makan apa saja yang halal dan bermanfaat bagi tubuh baik makanan yang enak dilidah maupun yang kurang enak bahkan asam atau pahit. Menyadarkan kepada adik-adik betapa Allah sangat sayang kepada manusia, mencipta dengan sempurna satu lidah dapat mengecap berbagai rasa.

Usai menyelesaikan keempat POS adik-adik secara bergotong royong mengumpulkan sampah plastik disekitar sekolah untuk dibuang pada tempat sampah. Di pandu oleh kakak pembina setiap orang mencari sepuluh sampah dan dihitung satu persatu. Untuk melatih ketelitian kejujuran dan tanggung jawab.serta menciptakan lingkungan yang bersih.

Kegiatan ahir adalah melakukan shalat ashar secara bergilir setiap regu dipimpin oleh Pinru di awasi oleh kakak pembina. Bertujuan membiasakan adik-adik untuk selalu melaksanakan ibadah shalat lima waktu walau dalam keadaan cape dan  lelah. Karena Ibadah shalat bagi muslim adalah kunci ibadah, Tiang agama yang tidak boleh ditinggalkan dalam keadaan apapun, sepanjang orang tersebut masih dalam keadaan sadarkan diri. Paparnya.

Adik-adik peserta mengikuti dengan antusias semangat dan  gembira, “ saya sangat senang mengikuti kegiatan ini sudah lama kami menanti dan sangat ingin diadakan lagi” ucap Ranum siswa kelas 6 kepada media disela-sela mengerjakan tugas dari kakak pembina.

Kegiatan ini berjalan sesuai dengan target yang telah direncanakan, sebagai ketua panitia adalah Hilda Dewi Anifa, sekretaris; Murni. Anggota: Damhuri abdullah, Nur Khasanah,  Iva KH, Risnawati, Hesty, Choirul Anam. Divisi kegiatan Pramuka- Sova Marwaty,  kegiatan keagamaan-Nurul Hamidah. Ucap Nurhayati selaku KS dan Kamabigus. “Saya sangat mensupport kegiatan ini dan mengapresiasi kerja keras, kerja kompak panitia, saya dengan senanghati ikut serta dalam mengontrol seluruh POS memberikan saran dan masukan kepada penjaga POS dan menunggui hingga ahir kegiatan”imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *